» » Gafatar Pernah Melakukan Kegiatan Di Candi Borobudur

BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__Ormas Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yang Ramai dibicarakan di media karena diduga menyebarkan aliran sesat berbau sara, dan dilarang oleh MUI serta pemerintah, ternyata pernah melakukan sejumlah kegiatan sosial di sekitar Candi Borobudur April 2012 lalu.

Acara yang di ikuti oleh ratusan anggota Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) Jateng dan DIY.  Ratusan  pohon jenis sawo kecik dan cemara laut mereka tanam di zone I komplek Taman Wisata Candi Borobudur, selain itu mereka juga  membersihkan lingkungan Candi Borobudur serta melakukan sarasehan tentang pelestarian dan upacara ruwat rawat Candi Borobudur bersama Warung Info Jagad Cleguk.

Seksi Pelayanan Konservasi Balai Konservasi Borobudur (BKB),  Iskandar M Siregar, mengiyakan jika Organisasi Masyarakat yang kini ramai di bicarakan tersebut pernah mengadakan kegiatan sosial yakni penanaman pohon di sekitar Candi Borobudur. 

“Ya betul, mereka pernah mengadakan kegiatan sosial bersama di Candi Borobudur sekitar Bulan April 2012 lalu. Saat itu belum dilarang pemerintah. Kami pun menyambut baik, karena kegiatannya positif, “ungkapnya Selasa (12/1).

Pimpinan Warung Info Jagat Clegug Sucoro Setrodiharjo juga tak mengelak jika Gafatar  pernah ikut sarasehan dan acara tahunan ruwat rawat borobudur.  Namun  setelah itu pihaknya  sudah tidak pernah berhubungan lagi.

“Terus terang, hanya saat itu saja kami berhubungan. Bahkan kami sudah lupa siapa yang menghubungi kami dulu,”tuturnya.

Diketahui dalam kegiatan tahun 2012 lalu, hadir Ketua DPD Gafatar DIY, Yudhistira ARH SH didampingi Ketua DPD Gafatar Jateng Hadi Suparyono SE. Mereka mengadakan aksi sosial tanam di kawasan  candi Borobudur dengan mengambil tema ‘dharma bakti Gafatar untuk melestarikan warisan dunia’. (zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply