» » Penderita AIDS Di Magelang Terus Meningkat



MUNGKID, KABARMAGELANG.com__Penderita HIV/AIDS di wilayah  Magelang dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Temuan tersebut memaksa Pemerintah Kabupaten Magelang mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) penanggulangan HIV/AIDS. Hal ini dilakukan agar penyakit yang  mematikan ini bisa di cegah dan tidak  semakin berkembang di masyarakat.

Kepala Dinas Ksehatan (Dinkes) Kabupaten Magelang Hendarto menyebutkan bahwa jumlah penderita HIV/AIDS tren tiap tahunnya mengalami peningkatan. Dimulai  tahun 2011 jumlah penderita 4 orang, tahun 2012 ada 12, tahun 2013 ada 47, tahun 2014 ada 67,  dan tahun 2015 ada 79 penderita. 

“Sejauh ini kebanyakan penderita masih sebatas terserang gejala. Kita harapkan mereka selalu aktif berobat, dan jangan sampai HIV/AIDS ini di biarkan,  karena bisa  semakin sulit untuk di sembuhkan, “jelasnya.

Dia juga mengungkapkan bahwa penderita HIV/AIDS kebanyakan dari warga  yang bekerja di luar daerah (merantau), meskipun  ada juga yang ditemukan di masyarakat sendiri. 

“Kita sekarang memberikan pelayanan secara aktif. Di mana di RSUD ada klinik visite, penambahan layanan IMS di Puskesmas. Hal ini dilakukan untuk menjaring kasus-kasus baru HIV/AIDS yang belum ditemukan, ”kata Hindarto usai mengikuti sidang paripurna DPRD Sabtu (16/1).

Terkait tindakan yang akan dilakukan pada tahun ini guna menekan jumlah penderita HID/AIDS, pihaknya  akan meningkatkan pelayanan sarana dan prasana. Dibuka juga klinik-klinik IMS yang memeriksa penyakit menular karena seks. Termasuk dengan melibatkan rumah sakit swasta di Kabupaten Magelang, serta membuat klinik visite yang  bisa melayani pasien HIV/AIDS  berobat. 

“Mengenahi obat-obatan sudah ada dari Pemprov Jateng dan pemerintah pusat. Kita juga  harapkan ada tambahan  tenaga-tenaga sukarelawan. Tidak hanya penderita ODHA-nya, tapi keluarga juga lebih intensif. Jangan sampai sudah menjadi ODHA terus drop out kembali lagi pada profesinya, ”papar Hendarto.

Sementara anggota DPRD Kabupaten Magelang Suroso Singgih mengaku prihatin dengan meningkatnya angka penderita HIV/AIDS dari tahun ke atahun. Dia menegaskan,  kasus HIV/AIDS sudah menjadi tantangan stakeholder yang ada di Kabupaten Magelang. 

“Dinas Kesehatan  harus mempertajam program promotif dan kuratif, dan segera sosialisasi penyikapan bagi mereka yang terlanjur kena penyakit ini, ”tegasnya.

Politisi Partai Gerindra ini menambahkan, bagaimanapun Dinas Kesehatan mempunyai peran penting dalam memberikan sosialiasi kepada masyarakat terkait bahaya ini. 

“Perda penting dibuat, tapi harus dipersiapkan juga perangkat pelaksananya. Begitu juga Pemda harus optimal bekerja sama dengan kepolisian maupun pihak lain dalam penegakkannya,” pungkasnya.(zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply