» » 182 Calon Banser Di Gembleng Dalam Diklatsar 2016

                                      
SRUMBUNG, KABARMAGELANG.com__Sebanyak 182 Calon Anggota Barisan Ansor Serbaguna (BANSER) Satuan Koordinasi Rayon Muntilan, Srumbung, Dukun, Salam, Ngluwar serta beberapa Satkoryon di Kabupaten Magelang, mengikuti Pendidikan dan Latihan Dasar BANSER, di Desa Kaliurang Srumbung. DIKLATSAR yang berlangsung dari tanggal 25 hingga 27 Maret tersebut, para calon BANSER diberikan dua  materi kelas dan Praktek. Dimana untuk kelas anatar terdiri dari ke-NU-an,  Ke-Ansor-an, Ke-Banser-an, Bela Negara, serta Kepemimpinan, sedang materi Praktek anatar meliputi PBB, Tata Upaca Banser, Tehnik Pengamanan dan Lalu – lintas, Bela diri, serta Caracter mental building.

“Mereka kita gembleng agar menjadi Kader NU yang militan, mereka juga kita persipakan untuk menjadi pemimpin – pemimpin NU masa depan,  dari para Instruktur yang telah bersertifikat,”kata Ketua Panitia Penyelenggara Pendidikan dan Latihan Dasar (DIKLASTSAR) BANSER, Ahmad Muslim pada saat penutupan, Minggu sore (27/03).

Dia, menyebutkan selama proses DIKLATSAR yang berlangsung selama tiga hari tersebut,  pihaknya melibatkan beberapa  instruktur.  "Selain  dari BANSER Senior, instruktur  juga   dari BANSER yang sebelumnya telah lulus dan bersertifikat dari Pendidikan dan Latihan Khusus Pelatih (Diklat Suspelat), "jelas Muslim yang juga ketua Banser Kecamatan Srumbung ini,

Wakil Ketua Panitia Diklatsar, Lukman Fatahilah menambahkan Diklatsar BANSER tahun 2016 ini sengaja memilih lokasi di Desa Kaliurang, Kecamatan Srumbung. Dia menilai lokasi Desa Kaliurang letaknya yang  berada di Lereng Gunung Merapi serta berbatasan langsung dengan DIY tersebut sangat tenang. 

"Disini  jauh dari keramaian, dan secara kelengkapan lokasi sangat memadai seperti MCK, Gedung Luas, dan sangat representatif untuk Pendidikan BANSER,” kata Lukman yang juga Kepala Satuan Koordinasi Rayon (KASATKORYON) Banser Kecamatan Muntilan ini.

Sementara itu, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Magelang, Anas Munaji menegaskan, bahwa diklatsar Banser merupakan jenjang Pendidikan paling awal dan wajib diikuti oleh pada Calon Anggota BANSER 

“setelah lulus dari semua proses Diklatsar ini, mereka selanjutnya  akan dibaiat, baru setelah itu  mereka resmi sebagai  Anggota BANSER,”tegasnya.

Ketua Tanfidiah Pengurus Cabang Nahdlotul Ulama (PCNU) Kabupaten Magelang KH Mahsun berharap, pasca lulus dari Diklatsar Banser ini, para peserta harus berubah sikap, pola pikir, serta berubah tingkah lakunya.



“Jika sebelumnya sikap mereka  acuh tidak perduli terhadap nasip dan perkembangan NU dan Banomnya, maka setelah lulus,  Banser muda ini harus lebih peduli, Pola pikir juga harus berubah agar lebih mengutamakan kepentikangan umat dibanding kepentingan pribadi, " tandas Ketua Tanfidiah Pengurus Cabang Nahdlotul Ulama (PCNU) Kabupaten Magelang KH Mahsun.(zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply