» » Anggota Koramil Dan PPL Salaman Ciptakan MOL



SALAMAN, KABARMAGELANG.com__Anggota Koramil 20 Salaman Kodim 0705/Magelang dan PPL Desa Sidomulyo serta anggota Kelompok Tani Sari Mulyo Dusun Tegalsari Desa Sidomulyo ciptakan pupuk organik cair Senin (7/3). Dengan bahan dan cara yang mudah didapat mereka bisa menghasilkan MOL yang sangat dibutuhkan oleh petani.

Sulis Handayani (33) PPL Desa Sidomulyo menyebutkan untuk membuat pupuk organik cair MOL (Mikro Organisme Lokal) hanya memerlukan bahan yang sangat mudah di dapat, diantaranya rebung, buah maja, sabut kelapa, keong, tetes nira(sadapan air kelapa), dan air cucian beras. 

Proses pembuatannya bahan kita potong-potong dan tumbuk hingga merata,  setelah itu masukkan kedalam tong yang sudah terisi air cucian beras, kemudian aduk sampai merata dan tutup rapat. Diatas tutup pasang selang kecil yang fungsinya untuk memberi ruang organisme. Kemudian simpan sampai dua minggu. Jadilah Mol yang siap digunakan untuk keperluan para petani, “terangnya.

MOL ini sangat bermanfaat bagi para petani, selain sebagai pupuk organik cair, juga bisa sebagai dekomposer atau pembuatan kompos. “MOL juga sebagai pestisida nabati yang mampu untuk mengusir hama tanaman, “jelas Sulis. (zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply