» » Bupati Tebar 60 Ribu Benih Ikan Beong



MUNGKID, KABARMAGELANG.com__Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP, menebarkan 60 ribu ekor bibit Ikan Beong di Sungai Elo, Kecamatan Mungkid, Rabu (16/3). Kegiatan ini sekaligus sebagai pembukaan Festival Elo Progo,  dan satu rangkaian dalam menyambut  HUT Kota Mungkid yang ke-32 yang jatuh pada tanggal 22 Maret 2016 besok. Penebaran benih juga dilakukan oleh para kepala SKPD di lingkungan Pemkab dan Kecamatan, sembari berarung jeram di sepanjang Sungai Elo. Kegiatan lintas sektoral dengan tema ‘Ayo Jogo Kaline III’ ini,  juga dilaksanakan bersama Balai Besar Sungai Serayu Opak (BBWSSO), Plataran Borobudur Hotel serta PT Alfaria Trijaya.

Bupati menjelaskan, bahwa kegiatan ini dalam rangka restocking  ikan lokal dan meningkatkan populasinya di perairan umum. 

“Kita tebarkan benih  ikan beong di perairan umum sungai elo sejumlah 25 ribu ekor. Kemudian ada ikan nila, karper, tawes dan nilem sebanyak 35 ribu ekor, yang ditebar di sungai biru dan keji di Desa Banyubiru, Kecamatan Dukun serta di sungai batang Desa Somokaton, Kecamatan Ngluwar,”terangnya.

Dia juga menyebutkan ada beberapa kegiatan yang berkaitan dengan pelestarian sungai diantaranya pembinaan kepada kelompok pengawas masyarakat (Pokwasmas), sosialisasi penangkapan ikan dengan alat tangkap ramah lingkungan serta pembuatan papan peringatan penegakan Perda Nomor 6 Tahun 2010 tentang Usaha Perikanan di Kabupaten Magelang. 

“Semoga kegiatan ini menjadi agenda rutin, tidak sekedar seremoni. Sehingga upaya konservasi lingkungan perairan, bisa menjadi satu kesatuan yang utuh menyeluruh dan saling mempengaruhi dalam  keseimbangan, stabilitas dan produktifitas sumberdaya ikan lokal, ”kata Zaenal.

Zaenal juga menegaskan kepada para kepala dan perangkat desa, untuk  melarang warganya menangkap ikan di perairan umum menggunakan setrum, racun dan bahan berbahaya lainnya. 

“Ini demi terjaganya kelestarian lingkungan perairan, agar tetap lestari yang bisa dimanfaatkan sampai anak cucu,” harapnya.

Sementara Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang, Ir Sri Hartini  menandaskan, saat ini produksi ikan mengalami kenaikan sebesar 7,73 persen  dari produksi sebesar 15.488,99 ton pada tahun 2014 menjadi 16.686,15 ton pada tahun 2015.
  
“Kemudian dari tangkapan yang berasal dari sungai, telaga dan embung, juga meningkat sebesar 4.62 peren.  Tahun 2014 sebesar   272,74 ton, naik  menjadi 285,34  ton di tahun 2015, “tandasnya.(zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply