» » Kampung KB Angka Kematian Ibu Di Magelang Tinggi



KALIANGKRIK, KABARMAGELANG.com__Pencapaian hasil Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga          di Magelang belum menunjukkan hasil yang diharapkan. Hal ini ditandai dengan adanya kecenderungan naiknya Total Mortality Rate               (Angka Kematian Ibu) yang cukup tinggi. Hal tersebut disampaikan Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP, saat membuka Pencanangan Kampung KB/Dusun Kencana Tingkat Kabupaten Magelang Tahun 2016 di Desa Adipuro, Kecamatan Kaliangkrik (14/3).

“Masih tingginya proporsi Pasangan Usia Subur status kawin yang tidak menggunakan alat kontrasepsi, serta kurangnya sinergitas penggarapan program KKBPK dengan lintas sector, maka perlu adanya satu model penggarapan program secara bersama sama baik dari Pemerintah, swasta maupun masyarakat yang terintegrasi dalam satu wilayah, “jelas Bupati.

Zaenal menyebutkan bahwa inti dari Kampung KB adalah untuk mengoptimalkan partisipasi masyarakat agar lebih banyak dalam pengelolaan dan pelaksanaan program KKB PK di wilayah masing – masing sehingga seluruh program KKB PK dapat dilaksanakan secara holistik integratif dan maksimal. 

 “Kunci keberhasilan Kampung KB terletak pada revitalisasi pengelolaan program KKB PK di tingkat lapangan, yaitu dengan membentuk Kelompok Kerja (POKJA) Kampung KB
 yang keanggotaannya terdiri dari para tokoh masyarakat setempat
, “ungkapnya

Disamping itu lanjutnya, melalui Kampung KB/Dusun Kencana, diharapkan ke depan laporan pelaksanaan program KKB PK tidak hanya ditujukan kepada SKPD pengelola program saja, tetapi juga kepada setiap pimpinan wilayah secara berjenjang. Dengan cara ini maka tidak akan ada lagi Kepala Desa, Lurah dan Camat yang tidak mengetahui pencapaian program KKB PK di wilayahnya, “tegas Zaenal


“Semua akan berjalan sesuai harapan jika ada sinergisitas dari semua elemen masyarakat untuk mendukung pelaksanaan program KB di Kabupaten Magelang ini, “tandas Kepala Bapermaspuan dan KB Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti, SKM, Mkes.
Selain Pencangan dalam acara tersebut juga diadakan kegiatan Posyandu Balita,  Pelayanan KB, dan Bhina Keluarga Balita (BKB), Senam jari Lansia, Simulasi Bina Keluarga Remaja, Simulasi Pusat Informasi serta Konseling Remaja. (zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply