Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Indonesai Jadikan Candi Borobudur ikon gerakan Earth Hour 2016



BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__Candi Borobudur menjadi pusat gerakan Earth Hour 2016, yang dilaksanakan serentak di 70 titik ikon lainya di 32 kota se Indonesia. Gerakan berupa pemadaman lampu selama satu jam dari pukul 20.30 sampai 21.30 wib, tersebut diprakarsai oleh World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia bekerja sama dengan Balai Konservasi Borobudur (BKB), dan PT. Taman Wisata Candi Borobudur serta UNESCO.

"Gerakan ini merupakan yang ke 8 kalinya di Indonesia. Tidak ada ikon world haritage yang lebih kuat dari Candi Borobudur, itulah mengapa WWF global memilih candi ini menjadi ikon Earth Hour 2016, " jelas Marketing Director WWF Indonesia Devy Suradji, Sabtu (19/3) malam.

Devy menyebutkan, di Indonesai tahun ini ada 70 titik yang berada di 30 kota seluruh Indonesia yag dijadikan pelaksanaan Earth Hour 2016, seperti kantor balai kota, tugu, hotel tua dan yang lainya. Dengan Earth Hour 2016, pihaknya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk melakukan aksi nyata mengubah gaya hidup mengurangi emisi gas rumah kaca demi kelestarian bumi.

"Bukan sekedar aksi switch of-switch on Borobudur namun kita ingin menggerakkan lebih dari itu, melalui live periscope di twitter dengan #iniaksiku #aksimu, kita gaungkan gerakan ini ke seluruh dunia,"ungkap Devy.

Direktur Pemasaran dan Kerjasama PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Ricky SP Siahaan, mengatakan bahwa warisan budaya dunia yang terletak di Kabupaten Magelang ini tidak bisa  lepas dari dampak perubahan iklim. Oleh karenanya pihaknya sangat mendukung dan  turut menyiarkan pentingnya perubahan gaya hidup sebagai salah satu cara memenuhi komitmen dalam mengurangi emisi gas rumah kaca.

"Sekecil apapun perubahan iklim akan  berpengaruh pada kondisi bebatuan candi, serta lingkungan sekitar, "katanya.

Sementara Kepala Seksi Konservasi Balai Konservasi Borobudur Iskandar M Siregar, juga menandaskan dukungannya  atas pelaksanaan Earth Hour 2016 di candi Borobudur. Dia berharap, gerakan ini dapat memberikan kesadaran akan pentingnya pelestarian fisik Candi Borobudur.  "Candi Borobudur dan saujana sekitarnya merupakan integritas yang tidak bisa dipisahkan, "tandasnya.

Gerakan Earth Hour 2016 dengan tema global Shine A Light on Climate Action tersebut dipusatkan di panggung Aksobya Komplek Taman Wisata Candi Borobudur, dengan beberapa kagiatan diantaranya pertunjukan tari tradisional, peluncuran website Go Borobudur,  serta  pementasan teater Kera Sakti yang di mainkan para seniman asli dari Jepang. (zis)

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply