» » Susu Molek Akan Menjadi Unggulan Baru Di Pesta Durian 2016



 
CANDIMULYO, KABARMAGELANG.com__Tiga desa yakni Kebonrejo, Kembaran, dan Tegalsari, Kecamatan Candimulyo bertekat kembangkan menjadi Kawasan Durian Terpadu. Pencangan yang akan dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dalam Pesta Durian Candimulyo 2016, Jumat-Minggu (4-6 Maret 2016) besok, juga akan di kenalkan jenis durian terbaru sebagai unggulan yakni susu molek.

Penangung Jawab Asosiasi Masyarakat Petani, Buruh, dan Pedagang Durian Candimulyo (Amrih Dadi Mulyo), Puguh Djaka Sulistya, menjelaskan bahwa kawasan durian terpadu sangat dibutuhkan oleh para petani untuk melawan praktek ijon. Yakni sistem jual beli panen durian yang sudah berkembang sejak jaman dahulu. Sistem ini merugikan para petani dan menjadi kendala pengembangan usaha durian," katanya Rabu (2/3).

Dia menyebutkan  lebih dari 80 persen pohon durian produktif milik 2800 petani Candimulyo diijonkan kepada pedagang dengan berbagai alasan,   seperti petani tidak memiliki modal dan akses ke lembaga keuangan untuk biaya pemeliharaan tanaman, tidak memiliki ketrampilan memelihara, tidak punya cukup waktu untuk memelihara, atau tidak mau ambil resiko gagal panen.

"Kondisi seperti ini mengakibatkan  produktivitas dan kualias durian yang hasilkan rendah dan dihargai murah, “ungkap Puguh.

Kecamatan Candimulyo (19 desa) terdapat sedikitnya 18 ribu tanaman produktif dan sekitar 24 ribu tanaman durian muda yang belum produktif. Produksi durian per pohonnya mampu mencapai 30-150 buah per musim panen. Adapun asumsi hasil durian per pohon 100 buah dengan harga rata-rata Rp12.500.

Asosiasi Amrih Dadi Mulyo bersama Gabungan Kelompk Tani se Kecamatan Candimulyo sepakat membentuk Kawasan Durian Terpadu dan Pesta Duren Candimulyo 2016, “tambah Puguh

Terkait durian yang akan dijadikan unggulan,  Puguh menerangkan bahwa jenis durian yang diberi nama unik (susu molek) tersebut memiliki beberapa keunggulan, diantara selain bentuknya besar, isinya sangat tebal dan rasanya legit. Durian ini merupakan jenis baru dan  baru ada  di Candimulyo.

“Unik menyerupai payudara maka di sebut durian susu molek. Dari kwalitas durian susu molek lebih tahan lama. Kalau durian biasa hanya bertahan 3 hari, susu molek bisa bertahan 15 hari tidak pecah meskipun matang, “terangnya.

Dalam Pesta Durian besok, adac sejumlah kegiatan yang bertujuan untuk memajukan usaha durian. Yakni launching tiga bibit durian unggul oleh Gubernur Jateng, pemilihan putri durian, makan durian sepuasnya, pawai, dan lomba kicauan burung, “tandas Kepala Desa Kebonrejo Zaenal Mutaqin. (zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply