» » DKR Desak Bupati Magelang Segera Realisasikan Pembangunan RSUD

MUNGKID, KABARMAGELANG.com__Dewan Kesehatan Rakyat ( DKR ) Kabupaten Magelang mendesak kepada Pemerintah Daerah untuk segera merealisasikan Pembangunan Rumah Sakit yang lebih memadai. DKR menilai RSUD yang sudah ada saat ini kurang memadai, sehingga banyak pasien yang terpaksa antre untuk rawat inap.

”Rumah sakit yang ada saat ini sudah kurang memadai utamanya di daya tampung pasien sehingga banyak pasien yang harus antre untuk rawat inap.” Kata Ketua DKR Kabupaten Magelang, Suprih Prasetyo saat beraudiensi dengan Bupati Magelang, yang bertempat di Ruang Mendut Rumah Dinas Bupati Magelang.Sabtu malam  ( 9/4 )

Disamping pembangunan Rumah Sakit baru, tenaga medis serta Bangsal perlu ditambah sehingga mampu melayani masyarakat Kabupaten Magelang yang mencapai 1,2 juta jiwa,

Suprih mengungkapkan bahwa rumah sakit yang ada saat ini lokasinya juga berada di daerah rawan bencana, yakni dipinggir sungai lamat dimana jika terjadi banjir bisa membahayakan baik bangunan maupun keselematan.

“Kami sangat setuju dengan penunjukan lokasi yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah yaitu di eks pasar hewan Blondo.  Tempat tersebut sangat strategis berada di pinggir jalan raya serta letaknya di poros Kabupaten Magelang yang dapat dengan mudah dijangkau dari berbagai wilayah Kecamatan, “katanya.

Sementara ketua DKR Propinsi Jawa Tengah Mbah Bismo, menandaskan,   bahwa saat ini pemerintah daerah perlu meningkatkan pelayanan tidak hanya di Rumah Sakit umum Daerah,  namun juga harus meningkatkan pelayanan di tingkat puskesmas.  “Dengan demikian  masyarakat tidak perlu lagi berobat ke luar daerah, “tandasnya.

Menanggapi hal tersebut Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP, didampingi Plt Sekda Agung Trijaya SH,MH dan jajaran dinas terkait, mengaku bangga dengan masyarakat yang peduli terhadap pembangunan khususnya dibidang kesehatan. Dia juga sangat berterima kasih kepada DKR yang selalu memantau,  memberikan pendampingan kepada masyarakat,  serta memberi masukan kepada pemerintah Daerah terutama bidang kesehatan masyarakat.

“ kami tidak ingin masyarakat Kabupaten Magelang sakit, namun demikian kami akan terus berupaya memberikan pelayanan dibidang kesehatan sebaik mungkin dengan berbagai upaya guna meningkatkan derajad kesehatan masyarakat, “ucapnya.

Zaenal juga menegaskan, bahwa pihaknya akan  berkomitment melaksanakan amanat undang undang dengan mengalokasikan dana dari APBD untuk kesehatan minimal 10 %. Bahkan dia menyebutkan untuk Kabupaten Magelang  alokasi dana bidang kesehatan sudah mencapai 15 %.

“Realitas dilapangan, Kabupaten Magelang memiliki penduduk 1,2 juta jiwa, tentunya juga membutuhkan peningkatan infrastruktur yang seimbang pula. Oleh karena itu, kita mencoba untuk meningkatkan tipe RSU yang sudah ada. Kedepan kita juga akan tingkatkan puskesmas yang ada menjadi tipe D seperti Salaman dan Grabag I, tahun ini akan kita realisasikan dengan dana 3,5 milyar untuk puskesmas Sawangan dan Kaliangkrik, ”pungkas Bupati. (zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply