» » Ratusan Penjor Akan Menghiasi Jalan Masuk Candi Borobudur

BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__Puluhan perajin dekorasi pernikahan akan ikuti festival penjor di komplek taman wisata Candi Borobudur, berbagai bahan dan bentuk sudah mulai di persiapkan oleh peserta Sabtu (15/4). Festival yang akan berlangsung hinngga 4 Mei mendatang tersebut merupakan bentuk  kepedulian  daru humas BUMN terhadap seni budaya penjor yang dinilai sudah mulai hilang karena berganti dengan bahan sintetis.

Kepala divisi administrasi taman wisata Candi Borobudur Aryono Hendro, menjelaskan bahwa festival penjor ini dalam rangka menyambut munas humas BUMN yang ke 9, serta sebagai wujud kepedulian dari forum humas BUMN yang tujuanya untuk menggeliatkan kembali budaya seni penjor yang sudah mulai dilupakan masyarakat.

“Kebanyakan penjor sekarang menggunakan bahan sintetis, yang harganya jauh lebih mahal, “katanya.

Aryono menyebutkan bahwa fistival kerajinan yang berbahan baku janur dan pohon pisang ini, akan berlangsung selama 3 pekan yakni mulai Minggu 17 April hingga 4 Mei 2016 mendatang, dengan target 300 penjor.

“Besok 300 penjor hasil karya peserta  yang kebanyakan dari warga sekitar Candi ini,  akan di pasang di beberapa titik jalur pengunjung Candi, sehingga para wisatwan bisa melihat dan berfoto di situ, “jelas Aryono.

Sementara salah satu peserta Eko Sukirmanto asal Borobudur, mengaku senang bisa mengikuti festival penjor ini. Dia mengungkapkan bahwa seni penjor sebenarnya tidak mudah dan tidak semua orang bisa meskipun kelihatanya sederhana.

“Ada beberapa teknik yang harus di kuasai perajin penjor, terutama saat mengiris janur, semua harus hati-hati dan teliti sehingga kalau dirangkai akan rapi, “terangnya.

Seni penjor lanjutnya, ada beberap jenis dan model, sesuai dengan keinginan perajin, dan masing –masing model,  kalau orang jawa ada maknanya sendiri-sendri.

“Jadi dalam pembuatan penjor tidak boleh asal asalan, “pungkas Eko. (zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply