Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Detik – Detik Waisak Umat Budha Terbangkan Ribuan Lampion

                                               
BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__Memperingati puncak perayaan Waisak 256 BE/2016 umat Budha melepaskan ribuan lampion di lapangan Guna Darma komplek Taman Wisata candi Borobudur (TWCB) Sabtu (21/5) malam. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di dampingi Ketua Walubi Hartati Murdaya berkesempatan mengawali penyalakan serta menerbangkan lampion. Acara dilanjutkan dengan prosesi Pradaksina dan samadhi detik-detik Waisak yang tepat pada pukul 04.14.06 wib Minggu (22/5) dinihari.
Sebelumnya ribuan umat Bhuda dengan khusuk mengikuti doa dan parita suci yang dipimpin oleh para Bhiksu. Usai doa, tepat pada pukul 23.00 wib, ribuan lilin yang diletakkan di samping umat Budha dinyalakan, kemudian menyusul  lima ribu lebih lampion diterbangkan secara bersamaan.  
Bak ribuan bintang menghiasi langit di sekitar Candi Borobudur, sehingga menambah kemegahan bangunan peninggalan Dinasti Syaelendra nan Agung tersebut.
Ketua Biksu Dhama Duta Thailan Pembantu Indonesia, Bantai Wongsin Labhiku Mahatera, menjelaskan pelempasan lampion, selain sebagai tandak puncak perayaan Tri Suci Waisak, juga merupakan lambang memuja kepada Sang Budha.


“Memuja kepada guru, memuja kepada sang Bhuda dan  ajaranya, serta memuja kepada para Bhiksu Sangha, dengan harapan umat Budha bisa meniru semua ajaran –ajaranya, “terangnya. (zis)

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply