» » HMI Cabang Magelang Desak Saut Situmorang Mundur Dari Jabatan Wakil Ketua KPK

MUNGKID, KABARMAGELNG.com__ Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Magelang desak evaluasi jabatan wakil ketua KPK Saut Situmorang. Mereka mentayakan Saut tidak pantas menjadi salah satu pimpinan KPK karena pernyataanya yang menilai kader HMI korup dan jahat.

Sekretaris Umum (Sekum) HMI Cabang Magelang Adi Gunawan Pamungkas, menilai pernyataan Saut saat di sebuah acara TV yang menilai kader HMI korup dan jahat tidak pas. HMI Cabang Magelang siap menampung Saut untuk menjadi peserta LK 1. HMI Magelang bahkan  sudah mempersiapkan pemateri khusus untuk meluruskan logika Saut yang keliru. Khususnya tentang sejarah perjuangan HMI. 

“Kami sudah mempersiapkan dua pemateri khusus untuk meluruskan pernyataan Saut Situmorang. Kami menyarankan kepada Saut untuk mengikuti Latihan Kader (LK) 1 di Magelang agar logikanya tidak pendek, Kader HMI bukan korup dan jahat tapi justru ikut kontribusi dalam pembangunan, “tegasnya.

Dia juga menyayangkan pernyataan itu bisa keluar dari seorang pejabat negara yang diberi mandat oleh rakyat. “Saut perlu bertaubat nasuha terkait pernyataanya, dengan dibuktikan mengundurkan diri dari jabatanya. Dia tidak pantas menjadi salah satu pimpinan KPK, “ucap Adi.

Adi menambahkan bahwa pernyataan Saut dikhawatirkan bisa menghilangkan kewibawaan KPK untuk jangka panjang. HMI Cabang Magelang menyatakan pernyataan Saut melanggar Keputusan Pimpinan KPK Nomor : KEP-06/P.KPK/02/2004 tentang Kode Etik Pimpinan KPK. Tepatnya pada pasal 6 huruf e yang berbunyi "Menarik garis tegas tentang apa yang patut, layak, dan pantas dilakukan dengan apa yang yang tidak patut, tidak layak, dan tidak pantas dilakukan". 

"Dengan dasar itu,  tidak ada alasan Saut untuk tidak mengundurkan diri dari jabatanya,"ujarnya. 

Sementara  Sekretaris Presidium Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Magelang,  Muhammad Qulyani Msi,  menandaskan, pernyataan Saut tidak mencerminkan pejabat yang layak dijadikan teladan. Perkataan Saut juga dinilai mendzolimi organisasi.  

"Kami berharap KPK bisa lebih ketat mengendalikan anggota, khususnya Pimpinan KPK itu sendiri,"tandasnya. 

Diketahui sebelumnya Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengeluarkan pernyataan dalam talkshow di salah satu televisi nasional. Saut Situmorang mengatakan bahwa "Mereka orang-orang cerdas ketika menjadi mahasiswa, kalau HMI minimal LK I. Tapi ketika menjadi pejabat, mereka korup dan sangat jahat”. (zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply