» » Jaringan Lintas Media Dan KSBI 15 Gelar Festifal Memedi Sawah

                                             
BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__Untuk mendukung program pemerintah mewujudkan swasembada padi, jagung, kedelai (pajale) tahun 2017, Jaringan Lintas Media (Jari Lima) dan Komunitas Seniman Borobudur Indonesia (KSBI 15),  menggelar Festival Memedi Sawah di Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur,  Sabtu (28/5).

Festival yang baru pertama kali diadakan ini diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai perwakilan Kecamatan wilayah Kabupaten Magelang, dan didukung sepenuhnya oleh Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BP2KP), Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Kehutanan dan Perkebunan (Distanhutbun) serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magelang.

Sebelum festifal yang di tempatkan di pematang sawah Dusun Tingal Kulon, Desa Wanurejo, digelar, puluhan memedi sawah tersebut dikirab dan diiringi beberapa kesenian tradisional, mulai dari terminal melalui pasar Borobudur dan depan Taman Wisata Candi Borobudur hingga di Dusun Tingal Kulon.

Arak-arakan dengan berjalan kaki sejauh 3 kilometer ini, tak luput dari perhatian  masyarakat Borobudur,   dan wisatawan lokal maupun asing yang kebetulan berkunjung ke Candi Borobudur untuk menyaksikan.

“Festifal memedi sawah ini baru pertama kali diadakan di Magelang. Tujuanya selain untuk mendukung program pemerintah mewujudkan swasembada pangan pajale, juga dalam rangka melestarikan budaya jawa khusunya untuk para petani yang selama ini sudah mulai ditinggalkan, “jelas ketua Panitia Festifal, Bagyo,  di sela-sela kirab.

Dia menambahkan bahwa kegiatan ini juga dalam rangka mendukung untuk mewujudkan kunjungan wisata di Kabupaten Magelang.


“Magelang tidak hanya punya Candi Borobudur, masih banyak potensi wisata lain yang layak di kunjungi oleh wisatawan di sekitar Borobudur ini, khusus memedi sawah ini akan kita letakan beberapa minggu agar wisatawan yang saat ini belum melihat bisa berkunjung ke sana, “jelasnya.(zis) 

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply