» » Delapan Siswa Dari Borobudur Terima Sertifikat Kader Bela Negara

BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__Sebanyak delapan siswa/siswi dari SMKdan SMA di Borobudur terima sertifikat Penataran Kader Bela Negara. Penyerahan yang dilakukan oleh Danramil 19/Borobudur tersebut di saksikan ratusan siswa dan para guru di halaman SMK Muhammadyah I Borobudur baru-baru ini. Mereka adalah Muhammad Sobirin dan Fia Asfani dar SMA Muhammadyah, Muhammad Abdul Rozak dan Wahyu Febriyanto dari SMK Muhammayah I, dan Muhammad Khoirul Hakim dan Novi Kristanti dari SMK Ma’arif, serta Aldi Sulistyo dan Adi Novianto dari SMK Muhammadyah II.

Danramil 19/Borobudur, Kapten Inf Sriyanto, menyampaikan ucapan selamat dan terimakasih kepada siswa/siswi yang telah berhasil mengikuti penataran KBN. Dan materi yang telah diperoleh hendaknya dapat dipahami secara optimal sehingga dapat segera diterapkan dan diaktualisasikan dalam rangka peningkatan semangat bela negara di lingkungan sekolah.

“Pemberian sertifikat KBN di sekolah-sekolah ini dapat memberikan contoh dan motifasi kepada rekannya yang masih belum mendapat kesempatan yang serupa, “ujarnya usai memimpin upacara penyerahan sertifikat Selasa, (15/6).

Danramil  menambahkan  sesuai dengan Pasal 27 ayat 3 UUD 1945 , bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Oleh karena itu pembinaan bela negara kepada generasi muda khususnya pelajar perlu di laksanakan agar terwujud warga Negara Indonesia yang selalu siap dalam upaya bela negara. Penataran yang telah dilaksanakan memiliki arti penting dalam membentuk karakter para pelajar untuk meningkatkan disiplin, cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara.

“kesetiaan kepada Pancasila sebagai Idiologi Negara serta memiliki kemampuan awal bela negara di lingkungan sekolah masing-masing, “tegas Sriyanto

Dia berharap kepada siswa/i yang telah mengikuti penataran KBN agar selalu meningkatkan belajar dengan giat supaya mendapatkan prestasi yang dapat mengharumkan nama baik sekolah serta mampu menerapkan, menanamkan dan menularkan disiplin yang telah diperoleh kepada rekan-rekannya.

“Disamping itu juga harus mampu sebagai pelopor dalam rangka membudayakan Gerakan Disiplin Nasional serta menaati tata tertib sekolah  dan tidak melakukan perbuatan yang berdampak negatif bagi sekolah, “harap Danramil.

Salah satu siswi Fia afiani mengaku bangga bisa ikut Penataran Kader Bela Negara mewakili Sekolahnya selama tiga hari tiga malam di Rindam IV/Diponegoro beberapa waktu lalu. Dia berharap untuk rekan-rekanya bisa menyusul mengikuti jejaknya.

“Dengan mengikuti Penataran Kader Bela Negara rasa kecintaan kepada Negara semakin kuat. Siapa lagi yang akan meneruskan perjuangan jika tidak generasi muda seperti kita-kita, “kata Fia. (zis)



About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply