» » Pemilik Dan Peracik Bahan Mercon Diamankan Polisi

                                             
MUNGKID, KABARMAGELANG.com__Pelaksanaan Operasi Pekat Candi 2016 Polres Magelang berhasil mengamankan 48,3 kilo  bahan mercon besama pemiliknya  MRS (35 th) Warga Balekerto, Kecamatan Kaliangkrik,  Selasa (31/5) malam.

Kapolres Magelang melalui Kasubbag Humas AKP Sugiyanto,SH mengatakan bahwa dalam operasi Pekat petugas Satreskrim Polres Magelang mendapatkan informasi bahwa ada warga yang membuat / peracik obat mercon. Petugas sat rekrim mendatangi Rumah yang di tengarai sebagai pembuat obat mercon tersebut dan melakukan penggledahan.

“Barang bukti yang di amankan adalah terdiri dari  18 kg belerang, 23 Kg potasium, 7 Kg Brom, 1,5 Kg obat mercon yang telah jadi, 2 lembar kertas sumbu,satu buah sendok, timbangan, “ungkapnya.

Dia menjelaskan bahwa  obat mercon tersebut didapat  dari wilayah Ngablak Magelang,  dengan harga   Rp. 1.600.000 ( Satu juta enam ratus ribu rupiah ) dan rencananya akan di buat obat mercon/petasan dan dijual guna menghadapi Lebaran Idhul Fitri mendatang.

“Tersangka dan barang bukti kini diamankan di Rutan Polres Magelang, guna penyidikan dan pengembangan lebih lanjut, “terang Sugiyanto

Sementara, MRS mengaku, membeli bahan pembuat mercon tersebut di Pasar Ngablak dengan harga sebesar Rp1,5 juta. 

“Rencananya, bahan mercon akan dibuat petasan menjelang Lebaran. “akunya

Dia menyebutkan, memperoleh cara meracik dan membuat mercon juga dari penjual di Ngablak. Belerang, potasium, brom dan bahan lainnya ditumbuk biar menjadi halus, dan di campur. 

“Cuma begitu saja membuatnya. Tidak ada ukuran, cuma kira-kira saja,” kata MRS. 

Dengan perbuatanya tersebut MRS diancam dengan perkara tindak pidana menguasai dan menyimpan bahan peledak berupa obat petasan atau obat mercon, dengan melanggar pasal 1 ayat (1) Undang undang Darurat Republik Indonesia Nomor 12 tahun 1951 dengan ancaman maksimal 20 tahun.(zis)



About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply