» » Gali Septictank Warga Temukan Cobek Berukuran Besar Diduga Peninggalan Nenek Moyang

SRUMBUNG, KABARMAGELANG.com__Warga lereng Merapi, tepatnya Dusun Transan, Desa Bringin, Kecamatan Srumbung, Magelang, digemparkan adanya penemuan cobek berukuran besar, Jumat (28/7). Benda kuno yang  diduga peninggalan nenek moyang tersebut ditemukan oleh warga yang sedang menggali tanah untuk septictank di dalam rumah tetangganya.

Maryono (58) warga yang pertama kali menemukan mengatakan, dia diminta membantu membuatat septitank di rumah tetangganya Rohmadi.

“Saat menggali  dengan linggis kedalaman sekitar dua meter kok ada bunyi duk…duk. Setelah saya perhatikan ternyata batu bulat menyerupai cobek, yang tengahnya terdapat batu berbentuk balok,” katanya.

 Dia menerangkan setelah batu terlihat jelas kemudian dia di bantu dengan warga lain berusaha mengangkatnya dengan menggunakan crane (derek) kecil. Setelah terangkat batu tersebut merupakan cobek berukuran besar yang di duga peninggalan nenek moyang.

"Setelah kita ukur dobek itu  diameter keseluruhannya 115 cm, tebal bibir lcobek 8 cm, diameter dalam 98 cm ddengan  tinggi  50 cm, sedangkan kedalaman lubang cobek sekitar 10 cm. Ditengah cobek terdapat batu berbetuk balok panjang 26 cm, tebal 11 cm dan lebar 10 cm," ungkap Maryono,

Sementara pemilik rumah Rohmadi menjelaskan cobek tersebut akan tetap dijadikan hiasan di rumahnya, dan akan  dijadikan kenang-kenangan.

“Kalaupun nantinya pemerintah mau mengambil barang ini kami mempersilakan, tapi ya ada ganti ruginya,” ucapnya.

Dia menegaskan adanya penemuan ini, dia mempersilakan kepada warga yang penasaran untuk sekedar melihatnya.

“Setelah ada penemuan ini, dari pemerintah yang datang belum ada. hanya  petugas dari Polsek Srumbung yang sudah  ke sini,” pungkas Rohmadi.(zis)





About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply