» » Sebagian Pedagang Pasar Muntilan Tidak Mau Menempati Pasar Penampungan

MUNTILAN, KABARMAGELANG.com__Sebagian pedagang pasar Muntilan memilih tidak menempati kios maupun los di pasar penampungan. Akibatnya banyak kios yang disediakan menganggur lebih dari lima persen.

Kepala Dinas Perdagangan dan Pasar (Disdagsar) Kabupaten Magelang, Asfuri mengatakan, ada sedikitnya 5 persen pedagang dari keseluruhan 3200 orang yang memilih tidak menempati jatah kios/los mereka di pasar penampungan sementara.

"Sedangkan 95 persen lainnya menempati pasar sementara sesuai pembagian kios/los yang diatur," jelas Asfuri Kamis (28/7).

Dia menerangkan bahwa  para pedagang memiliki pertimbangan sendiri untuk tidak menempati pasar sementara yang disediakan Pemkab Magelang.

"Kami tidak bisa menolak ketika ada pedagang yang memilih tidak menempati kios mereka di pasar sementara. Sepanjang lokasi berjualan mereka tidak mengganggu ketentraman pasar yang ada," ucap Asfuri.

Terkait dengan kios/los yang kosong, menurutnya, akan diberikan tenggang waktu hingga akhir bulan ini bagi pedagang untuk memutuskan ditempati atau tidak. Jika sampai akhir bulan kios tetap saja tidak ditempati, Disdagsar akan memberikan kepada pedagang lain.

"Jika sampai akhir bulan ini (Juli) kios -  kios yang kosong tidak di tempati maka akan kami berikan kepada pedagang lain yang lebih butuh dan sudah terdaftar sebagai pedagang Pasar Muntilan," tegasnya.

Diketahui, Pasar Muntilan akan dibangun kembali secara bertahap selama tiga tahun ke depan dengan dana Rp95 miliar yang akan segera di mulai tahun ini. Dana sudah dicadangkan dalam APBD 2012 Rp10 miliar, APBD Perubahan 2013 Rp21 miliar, APBD Perubahan 2014 Rp 16 miliar, APBD 2015 Rp16 miliar. Kemudian, dalam APBD 2016 dicadangan Rp16 miliar. Jika ternyata anggaran tersebut masih kurang, akan ditutup pada tahun berjalan atau dialokasikan dalam APBD 2017.(zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply