» » Tekan Kecelakaan Pemudik Polres Magelang Berikan Layanan Kesehatan Dan Service Gratis

                                            
SALAM, KABARMAGELANG.com__Jelang Lebaran Jajaran Polres Magelang bekerja sama dengan dinas terkait memberikan pelayanan kesehatan, kepada para pengemudi bus serta pengendara sepeda motor pemudik secara gratis, di rest area Gremeng, Kecamatan Salam, Senin (4/7). Pemeriksaan kesehatan tersebut dilakukan untuk mengurangi faktor risiko kecelakaan di jalan raya pada saat mudik lebaran.

Kapolres Magelang AKBP Zain dwi Nugroho, menjelaskan pemeriksaan kesehatan di prioritaskan kepada pengemudi bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) serta pemudik yang menggunakan mobil pribadi, yang dilakukan  setiap dua jam sekali.

“Deteksi dini faktor risiko cedera akibat Kecelakaan Lalu Lintas Darat (KLLD) yang kita lakukan berupa pemeriksaan tekanan darah, alkohol dalam darah melalui pernafasan, kadar amphetamine di urine dan kadar gula darah sewaktu. Faktor pengemudi berperan penting dalam hal keselamatan penumpang. Maka target kita zero accident pada angkutan lebaran," ujarnya.

Zain menyebutkan selain para sopir bus dan pribadi, test kesehatan juga dilakukan kepada pemudik yang mengendarai sepeda motor. “Khusus pemudik yang naik motor kita sediakan service secara Cuma-Cuma jika ada yang membutuhtakan,” jelas Zain.

Dia juga menghimbau agar para pemudik tidak terlalu memaksakan diri melanjutkan perjalanan jika merasakan kesehatan dirinya berkurang, atau merasakan kendaraanya kurang nyaman.

“Lebih baik beristirahat sebentar, atau memeriksakan kendaraanya di rest area yang telah disediakan, agar perjalanan selanjutnya aman sampai tujuan,” Himbau Kapolres.

Kasatlantas Polres Magelang AKP Maryadi, mengatakan bahwa jumlah pemudik yang melintas di wilayahnya sampai dengan H-2 ini,  di perkirakan baru mencapai 50 persen.

“Hal ini disebabkan adanya kemacetan panjang di beberapa daerah seperti di Brebes, dan Semarang,” katanya.

Dia juga menjelaskan situasi arus lebaran di wilayah Kabupaten Magelang sampai dengan saat ini belum mengalami kemacetan dan masih tetap lancar.

“Kemacetan hanya terjadi baru pada pengguna jalan lokal, seperti pasar Muntilan, Secang, dan Borobudur. Namun pada prinsipnya arus lalu lintas pemudik masih lancar,”tandas Maryadi.

Sementara salah satu pemudik dari Jakarta, Mosin  (35) asal Semin, Wonosari, Gunung Kidul, mengaku senang bisa mendapat service gratis. 

“Tadi pas di service as roda motor saya ternyata kendor semua. Untung ketahuan disini dan langsung di service,” ucapnya.

Diketahui tradis mudik jelang Idul Fitri dilakukan sebagian besar para perantau. Jumlah pemudik dari tahun ke tahunpun  terus mengalami peningkatan, hal ini tentu akan selalu diikuti pula adanya peningkatan risiko kecelakaan transportasi lalu lintas, terutama di jalur darat. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2007 menyebutkan prevalensi kecelakaan transportasi darat 25,9% dari seluruh penyebab cedera lain. Penyebab utama kecelakaan itu ialah faktor manusia (91%), kendaraan (5%), jalan (3%), dan lingkungan (1%). (zis)








About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply