» » Lima Calon Kepala Desa Ikuti Debat Terbuka

SALAM,KABARMAGELANG.com__Lima orang  calon kepala desa, Desa Sucen, Kecamatan Salam, Magelang ikuti debat terbuka di Aula SMK Muhammadiyah 2 Salam, Minggu (9/10). Adu penyampaian visi misi dan program kerja calon kepala desa tersebut di selenggarakan oleh Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Desa Sucen dan di hadiri oleh perwakilan warga dari semua dusun yang ada, serta berlangsung aman dan tertib.

Ketua PRM Desa Sucen Danadi mengatakan tujuan dilaksanakannya acara tersebut selain  untuk meningkatkan kualitas kehidupan demokrasi ditingkat lokal khususnya di Desa Sucen,  juga sebagai proses pendidikan politik baik bagi warga maupun para calon kepala desa itu sendiri.  

"Di sisi lain juga untuk mendorong partisipasi dan kesadaran warga untuk memilih pemimpin yang baik, berkualitas serta berpihak pada kepentingan masyarakat," jelasnya Selasa (11/10). 

Dia berharap pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) tidak hanya formalitas semata akan tetapi secara substansi perlu dijadikan media pendidikan politik. "Kualitas pelaksanaan pilkades akan menentukan kualitas perjalanan pemerintahan desa mendatang," ujar Danadi. 

Oleh karenananya dia menghimbau agar semua pihak perlu berkomitmen untuk tidak melakukan ha-hal yang akan menodai demokrasi seperti politik uang maupun intimidasi serta siap menang dan siap kalah. 

“Jadikan pilkades ini sebagai kampanye dalam menawarkan gagasan dan ide untuk membangun desa  dari masing – masing calon,” tegasnya

Salah satu peserta, Nur Wahidaturohman Efendi,  menilai bahwa acara debat dalam bentuk penyampaian visi misi calon kepala desa ini sangat penting. 

"Sebagai warga yang nanti akan menggunakan hak pilihanya perlu mengetahui dan memahami apa yang menjadi visi misi serta program kerjanya," tandasnya.(zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply