» » Ribuan Orang Usap Kepala Ratusan Anak Yatim Piatu

NGLUWAR, KABARMAGELANG.com__Ribuan orang dari Kecamatan Salam dan Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang memberikan santunan dan pengusapan kepala anak yatim piatu di komplek Pondok Pesantren Darussalam Dusun Gatak Titang, Desa Plosogede, Kecamatan Ngluwar, Selasa (11/10). Acara yang dilakukan setiap tanggal 10 sura atau 10 muharam tersebut diikuti oleh ratusan anak yatim piatu.

Dengan bergantian mereka yang datang  mengusap kepala  anak yatim piatu satu persatu yang sudah duduk berjajar dengan memakai seragam khusus.  Saat mengusap kepala anak yatim piatu tidak jarang masyarakat terlihat meneteskan air mata. 

Panitia Ngusap Kepala dan Penyantunan Anak Yatim Piatu, Saiful Anam mengatakan, jumlah anak yatim piatu yang disantuni sebanyak 104 anak terdiri anak yatim, piatu maupun yatim piatu dari Desa Plosogede, Blongkeng dan Sirahan. Acara yang dilakukan setiap tahun pada 10 Sura tersebut dimaksudkan untuk mengajak warga untuk selalau peduli terhadap anak-anak yatim. 

“Alhamdulillah tahun ini, uang santunan bisa terkumpul Rp 61,5 juta, dan akan segera kita berikan kepada anak-anak ini," ujarnya.

Dia menyebutkan anak-anak yatim  piatu yang mendapat santunan yahun ini  yang terkecil usia 2 tahun dan untuk yang terbesar 15 tahun. Mereka kehilangan ayah karena kecelakaan, dan sakit. Sementara dana santunan dari masyarakat selalu mengalami kenaikan, namun demikian jumlah penerima santunan juga mengalami peningkatan.

“Dari santunan yang terkumpul tersebut dibagi rata bagi semua anak yatim piatu, guna membantu meringankan beban hidup mereka terurtama untuk menambah biaya sekolah,” jelas .

Salah satu penyantun, Ahmad H, 64, warga Karang Sanggrahan, Plosogede mengaku, setiap tahunnya mengikuti acara penyatunan dan pengusapan anak yatim piatu serta  merasa terharu saat mengusap kepala anak yatim piatu tersebut.

“Insya Allah, setiap tahunnya kami ikut acara ini, untuk ikut membantu kepada anak-anak yatim piatu,” tutur Ahmad.(zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply