» » Polisi Wajib Kenakan Seragam Soreng Di Candi Borobudur


BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__Sejumlah Polisi pengamanan di obyek wisata  Candi Borobudur dan Candi Mendut wajib kenakan pakaian adat pada hari Sabtu dan Minggu. Kombinasi uniform Polisi dengan pakaian adat keprajuritan soreng khas Magelang ini selain menarik juga dinilai memberikan kesan simpatik kepada wisatawan.

Wakapolres Magelang Kompol Heru Budiharto, SIK,MIK, mengatakan kegiatan ini merupakan penjabaran kebikjakan dari Kapolri dimana untuk  pengamanan di obyek-obyek wisata petugas diwajibkan mengenakan pakaian adat daerah masing-masing pada hari Sabtu dan Minggu.

“Tujuanya untuk memberikan kesan simpatik kepada setiap pengunjung. Untuk Polres Magelang menggunakan pakaian kepajruritan soreng kombinasi dengan seragam dinas,” jelasnya saat berada di Candi Borobudur Sabtu (1/10)

Dia menjelaskan di wilayahnya memiliki obyek vital yang menjadi tujuan wisatawan baik lokal maupun manca negara yakni Candi Borobudur dan Candi Mendut. Dimana masalah pengamanan juga merupakan tanggung jawab dari kepolisian.

“Kalau dikorelasikan dengan kepolisian sesuai perintah Kapolda masalah pengamanan kita ditunutut menampilkan kearifan lokal. Meski mengenakan pakaian adat,  ini tetap tidak menghilangkan substansi pokoknya sebagai pengamanan. Mereka tetap menjalankan tugasnya yakni monitoring, dan pengawasan, Jadi masalah pakaian di pilih yang sesimpel mungkin,” papar Wakapolres.

Wakapolres juga menyebutkan setiap hari diterjunkan sebanyak 12 personil yang mengenakan pakaian adat yang terdiri dari 6 polwan dan 6 polisi laki-laki.

“Setiap pasang kita tempatkan di beberapa titik seperti pintu masuk, di Candinya, bahkan di tempat-tempat pedagang souvenir, termasuk di tempat parkir,” tegasnya.
   
Keberadaan petugas kepolisian mengenakan pakaian kepajruritan soreng tersebut sempat mendapat perhartian dari wisatwan yang berkunjung. Salah satu wisatawan mancanegara dari Australia Pauline mengaku kagum dengan polisi di Indenesia.

“Polisi di Indonesia sangat ramah,” katanya usai berfoto dengan petugas di Candi Borobudur.

Terkait pakaian Polisi dengan seragam kombinasi dengan pakaian adat Pauline menilai, sangat menarik dan unik.

“Bagus,  mereka sangat unik dan menarik,” ujar Pauline.(zis)





About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply