» » 900 Personil Gabungan Amankan Unjuk Rasa Ormas Islam

MUNTILAN, KABARMAGELANG.com__Ratusan massa yang tergabung dalam Front Aliansi Umat Islam Bersatu menggelar aksi unjuk rasa di pertigaan Kawedanan, Desa/Kecamatan Muntilan, Jumat (4/11) siang. Mereka menuntut kepada penegak hukum agar proses hukum kasus dugaan peninstaan agama yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok segera di selesaikan. Aksi tersebut juga mendapat pengamanan 900 lebih personil gabunngan Polri dan TNI serta SatpolPP.

Selain melakukan orasi, massa juga membawa spanduk, poster, serta banner yang bertuliskan kecaman terhadap gubernur DKI Basuki Tjahaya Purnama (Ahok). Mereka  menuntut ke Kapolri dan institusi penegak hukum lainnya untuk
berani segera menangkap dan mengadili Ahok. Mereka juga meminta Presiden RI untuk tidak melindungi Ahok atau siapapun yang melakukan tindakan pelanggaran hukum.

Salah satu orator dalam aksi Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Magelang, Adi Daya Perdana dalam orasinya  menyampaikan, bahwa pihaknya akan  mengawal kasus tersebut hingga tuntas.

"Kami berharap, kepolisian bisa tuntaskan kasus ini tanpa harus khawatir, kami siap mendukung," ujarnya.


Namun demikian, jika sampai tidak ada kejelasan atas penyelesaian kasus ini, menurutnya HMI siap turun kembali ke jalan dengan jumlah massa lebih besar.

"HMI memberikan tenggat waktu 7 kali 24 jam bagi Polri untuk bisa menuntaskan kasus ini. Kalau tidak jelas, kami akan kembali turun
dengan massa lebih besar," tegas Adi.

Aksi unjukrasa damai tersebut diikuti dari sejumlah organisasi, seperti HMI, ulama, kyai, kader Muhammadiyah, kader NU, dan lainnya
berkumpul di pertigaan Kawedanan. Mereka juga sempat membakar ban kemudian konvoi keliling Muntilan usai orasi. Arus lalu lintas di sepanjang jalan Magelang-Jogjakarta, tepatnya jalan Pemuda Muntilan sempat tersendat akibat aksi tersebut.

Kapolres Magelang, AKBP Zain Dwi Nugroho mengatakan bahwa aksi unjuk rasa kemarin mendapatkan pengamanan oleh 923 personel terdiri dari satuan Dalmas, Brimob, Armed 3, Kodim 0705/Magelang, Satpol PP dan lainnya. Pihaknya juga mengerahkan anggota untuk pengamanan tempat-tempat ibadah di sepanjang jalur yang dilewati oleh massa. Hal itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. (zis)





About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply