» » Bergodo Prajurit Meriahkan Hari Budaya Borobudur 2016

BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__Ratusan orang dari dua puluh desa se Kecamatan Borobudur ikuti kirap Bergodo Prajurit Minggu (18/12). Kirap yang dilombkan ini baru pertama kali diadakan dalam rangka memeriahkan  Hari Budaya Borobudur (Borobudur Cultural Feast 2016).

Diawali dengan kirap peserta lomba berjalan sepanjang 1 kilometer dari Lapangan Pondok Tingal menuju panggung kehormatan di pintu 2 komplek Taman Wisata Candi Borobudur. Barisan terdepan rombongan berkuda, kemudian barisan belakangnya andong yang dinaiki oleh pejabat Muspida dan muspika setempat. Disusul para bergodo prajurit dari dua puluh desa. Kirap ini mendapat perhatian tersendiri dari masyarakat dan wisatwan yang sedang berkunjung di Candi Borobudur.

Camat Borobudur Nanda Cahyadi Pribadi yang juga selaku ketua panitia mengatakan lomba bergodo prajurit ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan hari budaya Borobudur  dan  baru pertama kalinya di adakan.

“Kita mulai membuat atraksi atau hiburan di Borobudur. Dan kegiatan ini kita yakin akan bisa menjadi ikon tahunan, yang bisa menjadi salah satu daya tarik bagi masyarakat dan wisatawan,” katanya.

Dia menjelaskan Candi Borobudur merupakan peninggalan dinasti Syailendra yang memiliki nilai budaya tinggi yang tergambarkan dalam setiap relief Candi. Di siitu tergambarkan juga adanya pasukan yang mengamankan mulai dari saat membangun Candi Borobudur hingga selesai.

“Dari situ kita ingin melestarikan budaya. Setiap desa Kita harapkan tidak hanya memiliki kesenian, akan tetapi punya sebuah atraksi bergodo prajurit  yang  bisa ditampilkan untuk setiap kegiatan pariwisata dan mendukung adanya kebudayaan, ” ujar Nanda.

Terkait lomba bergodo prajurit ini Nanda menyatakan bahwa para pemenang nanti selain mendapatkan unag pembinaan juga mendapatkan piagam penghargaan.

Diketahui Borobudur Cultural Feast (BCF) 2016 belangsung selama dua hari (17-18/12) dengan berbagai rangkaian kegiatan. Borobudur Cultural Fest 2016, merupakan perayaan Hari Raya Kebudayaaan Borobudur. Kegiatan yang dilangsungkan pertama kali ini melibatkan seluruh unsur masyarakat yang ada di kawasan Borobudur yang terdiri dari 20 desa yang ada. Kegiatan BCF 2016, juga sebagai  upaya bersama dari TWC bersama sinergi BUMN, yang mendapatkan suport yang luar biasa dari berbagai kalangan pejabat budayawan maupun seniman. Dengan misi bersama membangkitkan kembali semangat gotong rotong, hidup rukun, gemah ripah loh jinawi. (zis)



About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply