» » Ketua Fraksi PKB MPR RI : Pemerintah Harus Segera Alokasikan Anggaran Bencana Dalam APBN

KABAR MAGELANG.com__Ketua Fraksi  PKB MPR RI Abdul Kadir Karding, meminta masyarakat waspada banyaknya  bencana alam yang akhir-akhir ini terjadi. Hal itu disampaikannya, saat temu kader di Borobudur Golf Kota Magelang, dan akan memberikan bantuan terhadap korban longsor di Desa Sukomakmur, Kecamatan Kajoran, Magelang, (9/11).

Karding menyoroti, jatuhnya korban bencana alam, sesungguhnya bisa diminimalisir dengan meningkatkan kewaspadaan dini terhadap potensi rawan bencana.

"Salah satu bentuk kewaspadaan, selain konstruksi bangunan, juga menandai lokasi-lokasi yang rawan bencana, seperti daerah longsor dan sebagaianya," ujarnya.

Dia berharap pemerintah harus bisa menegakkan kebijakan yang dapat menekan risiko bencana. Jika wilayahnya rawan gempa, longsor atau banjir.  Saat memberikan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) seharusnya memperhatikan faktor lokasi pembangunan, konstruksi atau desain juga harus menjadi pertimbangan. Potensi korban jiwa, bisa dicegah dengan kebijakan tanggap bencana yang baik.

"Seperti Jepang, penuh dengan risiko bencana alam, namun korban jiwa bisa diminimalisir baik karena managemen tanggap bencananya bagus," ungkap Karding.

Selain itu Karding juga menilai sudah saatnya pemerintah pusat dan daerah,  mulai mengalokasikan anggaran bencana dalam APBN dan APBD  sebagaimana dimandatkan oleh Undang-Undang No 24 Th 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

"Di sisi lain masyakat juga dapat memberikan sumbangan, karena dengan bantuan masyarakat proses tanggap bencana akan dapat berjalan lebih cepat dan baik," pungkas Karding.(zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply