» » Kecamatan Mungkid Resmikan KSM Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat

MUNGKID, KABARMAGELANG.com___Pengelolaan model 3R (Reuse, Reduce dan Recycle) sampai sekarang, masih menjadi cara terbaik dalam mengelola dan menangani sampah dengan berbagai permasalahannya. Penerapan sistem 3R ini di samping mengolah sampah menjadi kompos,  juga memanfaatkan sampah menjadi barang kerajinan.

Kabid Kebersihan dan Pertamanan DPU Kabupaten Magelang, Urip Raharto, menjelaskan bahwa Tempat Pembuangan Sampah (TPS) harus dibangun dengan baik, mengingat persoalan sampah kini dalam kondisi darurat dan overload. Oleh sebab itu pengelolaan sampah harus dimulai dari hulu atau dari masyarakat, mengingat Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah tingkat regeonal, sudah sangat  merisaukan masyarakat.

“Oleh karenanya program pengelolaan sampah ditingkat masyarakat harus menjadi percontohan, karena dapat dilaksanakan oleh setiap warga sehari-hari,” katanya usai Peresmian TPS 3R berbasis masyarakat dan Pengelola KSM 'Sumber Rezeki' Dusun Pagergawang, Desa Pagersari, Kecamatan Mungkid, Magelang, Sabtu (21/1).

Ketua KSM 'Sunber Rezeki' Siti Walhidayah melaporkan, pembangunan TPS 3R dan Pengelola KSM 'Sumber Rezeki' Dusun Pagergawang, Desa Pagersari, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, menghabiskan anggaran Rp 550 juta, bantuan dari APBN sebesar Rp 301 juta, dan APBD Kabupaten Magelang Rp 131 juta, serta dana pendamping dari  APBDes Rp 20 juta. 

"Total dana tersebut, selain untuk pembangunan gedung, juga untuk kegiatan sosialisasi, pendampingan bagi anggota, peningkatan anggota KSM dengan studi banding ke luar daerah, serta pembangunan jaringan listrik dan lainnya," terangnya.

Sementara Kepala Desa Pagersari, Sri Mulyanto  menandaskan, sudah 400 kepala keluarga (KK) sudah menjadi anggota KSM 'Sumber Rezeki' yang siap untuk pengelolaan sampah. Setiap anggota ditarik iuran Rp 5.000 per bulan untuk operasional pengambilan sampah dari warga, dengan dua unit kendaraan roda tiga.

"Kami berharap, dukungan masyarakat untuk pengelolaan sampah ini bisa menjadi contoh dan bisa berkembang dengan baik," tandasnya. (zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar:

Leave a Reply