» » Kapolres Temukan Tebing Rusak Akibat Penambangan Ilegal

DUKUN, KABARMAGELANG.com__Kapolres Magelang AKBP Hindarsono dan jajaranya temukan tebing rusak akibat penambangan ilegal yang berhimpitan dengan TNGM  lakukan sidak penambangan pasir golongan C iligal di alur sungai yang berhulu dari Gunung Merapi, tepatnya di sungai senowo Dusun Kajangkoso, Desa Mangunsoka,Kecamatan Dukun, Rabu (22/2) sore.  Kegiatan bersama Satpol PP dan Dishub Kabupaten Magelang  tersebut juga mengecek apakah masih ada penambang illegal yang beroperasi.

Kapolres menegaskan dalam sidak telah  menemukan 5 unit alat berat yang rusak di biarkan mangkrak di tepian sungai, serta menepukan penambang manual yang masih beroperasi. Namun Hindarsono menyayangkan adanya kerusakan parah yang terjadi di tebing yang berdekatan dengan TNGM. 

“Tebing itu sudahsemakin  menipis jika  terjadi  banjir besar sangat mungkin akan jebol dan aliran banjir bisa berubah arah menuju ke Desa  Keningar, “ katanya.

Untuk itu Kapolres memerintahkan kepada semua Kapolsek di wilayah penambangan  untuk menindak tegas penambang meskipun itu manual jika merusak lingkungan dan bisa mengancam keselamatan masyarakat.

“Kita perintahkan kepada semua Kapolsek untuk selalu mengawasi penambangan kalau dipandang perlu segera ditindak.  Tidak boleh ada penambangan yang tidak berijin di Kabupaten Magelang ini, ” tegas Hindarsono.

Di sisi lain Kapolres juga menyayangkan sikap dari Pemda Kabupaten Magelang yang sampai sekarang tidak merespon keluhan dari masyarakat terdapak penambangan ilegal yang masih marak.

“Kita sudah dua kali memfasilitasi pertemuan, namun  dari Pemda sampai sekarang belum ada kejelasan mau dikemanakan penambangan ini. Seharusnya kita yang diundang bukan sebaliknya,” tambah Hindarsono.(zis)





About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply