» » Darti Pengusha Tanaman Hias Dan Pelestari Lingkungan Yang Sukses

MUNGKID, KABARMAGELANG.com__15 tahun menggeluti  tanaman hias, Darti (61) warga Desa Senden, Kecamatan Mungkid, Magelang bisa di bilang sukses  sebagai  pengusaha tanaman hias. Berbagai penghargaan telah ia raih, dari beberapa kontes tanaman hias berskala daerah hingga tingkat nasional. Dia berharap pemerintah bisa berikan dukungan dengan harga pupuk yang lebih murah, sehingga pengusaha tanaman bisa lebih maju kedepannya.

Darti menceritakan awal mula dirinya bisa menggeleti usaha tanaman hias karena di latar belakangi keluarga yang memiliki usaha tanaman sejak lama. Dari situ dia mulai tertarik dengan berbagai macam tanaman yang beraneka ragam itu.

“Awalnya saya kurang tertari dengan usah orang tua. Dulu hobby saya bukan bercocok tanam,” katanya saat di temui di tempat usahanya di Jalan  Raya Blabak, Kecamatan Mungkid Kamis (23/2)

Berawal dari situ  Darti mulai belajar dan menimba ilmu mengenai tanaman bersama ayahnya. Hingga akhirnya berbagai macam cara menanam telah dikuasainya, seperti  sistem stek dan cangkok yang berfungsi meningkatkan kualitas dan pengembangan.

Kini dia memiliki berbagai  tanaman daintaranya kacang-kacangan, buah-buahan, dan beraneka macam tanaman hias, yang banyak di gemari oleh masyarakat.

Kebanyakan para pengunjung yang datang ketempat saya selalu menanyakan tanaman jenis hias, seperti anggrek, agronema, dan bonsai,ujarnya

Darti menyebutkan dari berbagai macam tanaman hias yang dia miliki, ada satu jenis yang menurutnya sangat dia sukai yakni jenis bonsai. Disamping bentuknya yang mungil dan eksotik, harganya juga lumayan tinggi.

Bonsai juga tidak memakan tempat yang begitu banyak, tanaman ini memiliki nilai jual yang cukup mahal, kisaran antara Rp.300,000,- sampai Rp.35.000.000,-,” jelas Darti.

Dia berharap kepada nantinya usaha yang dimilikinya  dapat menambah daya tarik masyarakat untuk tetap melestarikan lingkungannya dengan gemar bercocok tanam, terutama tanaman hias untuk menambah keindahan baik di taman, jalan, maupun rumah.

“Selain itu juga kepada pemerintah saya harapkan bisa menekan harga pupuk. Saya merasa harganya seperti tidak terkendali dan selalu naik,” keluhnya.


Darti kini memiliki banyak pelanggan baik dari  luar kota maupun  luar pulau, seperti  irian jaya. Disamping juga masih aktif mengikuti berbagai macam kontes tanaman hias yang ada.(zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply