» » TWCB Bedah Rumah Mbah Urip Setelah Menjadi Viral Di Medsos

BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__PT. Taman Wisata Candi Borobudur bedah rumah Mbah Urip, setelah menjadi viral di dunia maya pada Senin (13/2) malam. Warga Dusun Tuksongo II, Desa Tuksongo RT 02/RW 05, Kecamat Borobudur, Kabupaten Magelang, tersebut ditemukan dalam keadaan sakit dan tidur beralaskan tanah di dalam rumahnya, serta hanya di tunggui suaminya Mbah Marto yang  sama-sama berusia lanjut dan tak sanggup lagi mencari nafkah, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Direktur Utama PT TWC, Edi Setijono mengaku bahwa pihaknya merasa prihatin dengan peristiwa tersebut. Karenanya, melalui program BUMN hadir untuk negeri, bantuan berupa bedah rumah Mbah Urip senilai Rp 45 juta, sekaligus sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat di sekitar taman wisata candi.

"Ini menjadi salah satu teguran, bahwasanya apa yang selama ini kami lakukan ternyata masih kurang. Hampir enam bulan lamanya kami fokus pada program Balkondes (Balai Ekonomi Desa), tapi kenyataanya ada yang terlewat. Mungkin, kami terlalu fokus pada program tersebut," katanya Selasa (14/2).

Bantuan secara simbolis diterima oleh Mbah Ponirah yang merupakan adik kandung Mbah Urip, disaksikan oleh pemerintah desa dan tetangga dekat.

Salah seorang warga Murtini yang turut menolong Mbah Urip, mengungkpakan Mbah Urip  tinggal di rumah yang keadaannya bisa dikatakan jauh dari kategori layak huni, bersama suaminya, Mbah Marto.

"Waktu itu saya dengar simbah (Mbah Urip) nyebut istigfar berkali-kali, seperti sambil menggigil. Kemudian, warga berbondong-bondong datang memberi pertolongan. Pas saya masuk, kondisnya sudah tak berdaya, tergeletak di atas tanah, tidak pakai baju," katanya.

Dia menerangkan bahwa  Mbah Urip dan Mbah Marto sebenarnya memiliki tiga orang anak, namun semua sudah meninggal. Hanya warga sekitar berinisiatif secara bergantian memberi makan, sambil menengok kondisi mereka.

"Saya dan tetangga-tetangga yang lain datang memandikan simbah. Jujur, saya nggak tega melihat kondisi simbah, kasihan,” ungkap Martini

Camat Borobudur, Nanda Cahyadi  Pribadi, menjelaskan setelah melihat keadaan Mbah Urip langsung berkoordinasi dengan pemerintah desa dan Dinas Sosial serta Puskesmas Borobudur akhirnya membawanya ke Rumah Sakit Umum Daerah Muntilan malam itu juga.

"Kami datang ke lokasi setelah melihat rekaman yang beredar instagram, bersama tenaga medis dari Puskesmas Borobudur, sejumlah relawan Magelang dan petugas dari Dinas Sosial," ujarnya.(zis)




About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply