» » Puluhan Seniman Ritual Di Jembatan Kali Progo

BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__Sejumlah seniman menggelar ritual di atas Jembatan Sungai Progo lama, Brojonalan, Desa Wanurejo, Borobudur, Rabu (23/3). Selain ikut meramaikan HUT ke - 33 Kota Mungkid, ritual ini bertujuan .sebagai ungkapan syukur masyarakat kepada Allah, terhadap Kota Mungkid yang diapit Sungai Progo dan Elo, dengan harapan kesejahteraan masyarakat diwilayah ini semakin meningkat.

“Ritual ini, untuk memeriahkan HUT ke 33 Kota Mungkid, dan kami kami melibatkan banyak seniman dalam, tujuannya agar persatuan dan kesatuan masyarakat diwilayah ini dapat terjaga, sesuai tema HUT tahun ini, yakni ‘Kita Jalin Persatuan dan Kesatuan Masyarakat Melalui Seni dan Budaya, Menuju Magelang yang semakin Gemilang’.” Kata Agus Merapi selaku pemimpin ritual,.

Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Ahmad Husein, menandaskan, kegiatan ini merupakan rankaian HUT Kota Mungkid ke 33, serta melestarikan budaya lokal yang berdekatan denga Kota Mungkid.

“Melalui seni dan budaya, kita jaga persatuan dan kesatuan masyarakat. Sedikitnya 20 grup kesenian tradisional kita libatkan.  Mereka pentas di eks Mendut Corner, di festival kuliner yang dilaksanakan selama tiga hari sejak rabu kemarin,” katanya.

Pada tahun 2017 ini, tambah Husein, pihaknya mengalokasikan banyak anggaran untuk pentas kesenian rakyat tersebut. Hal ini juga sesuai penjabaran tema HUT ke-33 Kota Mungkid.

“Seni dan budaya, dapat untuk menjaga persatuan dan kesatuan, agar masyarakat semakin gemilang,” tambah Husain.(zis)



About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply