» » 15 Seniman Bali Gelar Pameran Lukisan Kamadhatu Di Borobudur

BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__Sebanyak 15 seniman asal Bali, yang tergabung dalam Sanggar Dewata Indonesia (SDI) 15 Jogjakarta, selenggarakan  pameran lukisan di Limanjawi Art House  Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Magelang. Pameran bertajuk ‘Kamadhatu’ tersebut, berlangsung selama 23 hari,  yakni mulai 7 hingga 30 Mei 2017 mendatang.

Ketua SDI 15 Dewa Made Mustika, mengatakan, pameran dengan tema “Kamadhatu”  karena terinspirasi dan sangat erat dengan tataran nilai yang berada  dalam tingkatan-tingkatan di Candi Borobudur. “Nantinya pameran akan dilangsungkan secara estafet.  Tahun ini Kamadhatu, kemudian tahun depan Rupadhatu dan berikutnya adalah Arupadhatu.

Tujuanya untuk mempererat dengan para seniman dari berbagai ragam Agama, budaya Bali, dan Jawa, dengan tidak memandang dari segi perbedaan apapun.

“Di Bali merupakan pemeluk agama mayoritas Hindu, sedangkan di Borobudur bercorak Buddha namun masyarakatnya Muslim. Kita tunjukkan kebersamaan, meskipun keyakinan dan budaya  yang berbeda,” ujar Dewa Made.

Pemilik Galeri Limanjai Art House Umar Chusaini, menyebutkan pameran ini merupakan momentum yang penting, karena dari komunitas ini, banyak karya yang dihasilkan dan sangat luar biasa. Yang lebih menarik mereka  dengan akar budaya yang berbeda.

“Ini menunjukkan keharmonisan dari ragam agama, seni dan budaya yang ada di masyarakat, yang harus di lestarikan,” ungkapnya.(zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply