Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Kota Magelang Kini Memiliki Layanan Kesehatan Publik Gratis

KOTA, kabarmagelang.com__Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustina melaunching layanan public safety center-sistem penanggulangan gawat darurat terpadu (PSC-SPGDT). Peluncuran ini bersamaan dengan pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) tingkat Kota Magelang di alun-alun, Jumat (27/10).

Windarti menjelaskan, PSC-SPGDT merupakan layanan gawat darurat terintegrasi berbasis call center.

"Layanan ini berupa penanganan pasien gawat darurat medis sebelum ditangani di rumah sakit. Gratis tidak dipungut biaya. Nomor kontak yang bisa dihubungi 0293 3219613," jelasnya.

Dia menjelakan, pencanangan germas dan PSC-SPGDT menjadi momen bersejarah bagi Kota Magelang untuk meningkatkan komitmen dan kemampuan hidup sehat tanpa terkecuali.

"Saya mendorong seluruh OPD untuk mendukung gerakan Germas ini karena sangat bermanfaat, tidak hanya bagi Pemkot Magelang namun juga masyarakat secara umum. Berawal dari diri yang sehat, masyarakat akan sejahtera," papar Windarti.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang, Fatma Murtiningsih menambahkan, layanan PSC-SPGDT dipusatkan di kantor Dinas Kesehatan. Layanan tersebut diharapkan dapat mempercepat penanganan terhadap pasien maupun calon pasien sebelum sampai ke rumah sakit. Adanya layanan ini merupakan instruksi langsung dari kementerian kesehatan yang diharapkan bisa ditindaklanjuti oleh seluruh daerah.

"Rata-rata setiap daerah memiliki PSC. Terdapat tim kesehatan tersendiri yang bertugas di sini. Mereka melaksanakan penanganan kegawatan pra rumah sakit. Jadi pasien akan ditangani lebih awal, sehingga mencegah kecacatan yang mungkin timbul akibat sakit atau kecelakaan," jelasnya.

Dia menyebutkan, layanan PSC-SPGDT mencakup seluruh penanganan kesehatan darurat. Mulai dari kecelakaan, bencana, hingga sakit lainnya yang membutuhkan pertolongan pertama.

"Tim kita ada komplit, mulai dari paramedis, perawat, ambulans, hingga petugas call center yang siap menerima panggilan setiap harinya. Kemampuan mereka sudah tidak diragukan lagi karena punya sertifikat penanganan gawat darurat," pungkas Fatma. (Kb.M1)

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply