» » Wali Kota Panen Padi Varietas Aromatik

KOTA, Kabarmaggelang.com__Kota Magelang melakukan panen raya padi varietas Aromatik Unsoed-1 di lahan persawahan Kampung Kiringan, Kelurahan Tidar Utara, Kecamatan Magelang Selatan, Sabtu (7/10). Panen dilakukan secara simbolis oleh Walikota Magelang, Sigit Widyonindito bersama dengan alumni SMAN 1 Kota Magelang, serta beberapa pejabat instansi terkait.

Menurut Sigit, meski Kota Magelang merupakan kota kecil, namun mampu melakukan panen raya padi.

"Meskipun lahan sempit, tapi dengan padi aromatik itu, hasil panen bisa mendapatkan berat yang signifikan. Per hektar bisa menghasilkan 8-9 ton," jelasnya, di sela panen.

Dikatakannya, adanya lahan pertanian di wilayah ini mengandung maksud bahwa Kota Magelang juga merupakan penyangga pangan. Baik di tingkat regional maupun nasional.

"Ini menjadi inspirasi kita, meskipun lahan sempit, namun bisa dimaksimalkan dan bisa menghasilkan. Harapannya, masyarakat umum bisa memanfaatkan lahan pertanian yang dimiliki dengan baik," imbuhnya.

Sigit mengatakan, pihaknya mendapat laporan bahwa padi aromatik tersebut sudah beberapa kali panen. Padi itu juga memiliki banyak keunggulan, seperti tahan penyakit, usia pendek, tidak memerlukan air banyak.

"Ini merupakan keunggulan yang baik. Nanti akan kita kaji, kalau memang hasilnya baik akan kita uji komparasi dengan padi lain. Mana yang menguntungkan dan cocok di Kota Magelang," terangnya.

Untuk diketahui, padi aromatik unsoed-1 merupakan varietas hasil riset salah satu alumni SMAN 1 Kota Magelang tahun 1982. Benih padi unggulan ini kemudian mencoba ditanam dan dikembangkan di Kota Magelang. (Kb.M1)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply