» » Ujian Seni SMA Muhammadyah I Muntilan Siswa Wajib Pentas Dimuka Umum


MUNTILAN, KABARMAGELANG.com___dalam rangka Ujian Seni Kelas XII, SMA Muhamadiyah 1 Muntilan menggelar Parade Seni Budaya di halaman Kantor Kecamatan Muntilan (7/10). Kegiatan yang sudah ke-6 kalinya ini merupakan ujian rutin dalam mata pelajaran Seni sebagai salah satu syarat kelulusan. .

Kepala Sekolah SMA Muhamadiyah 1 Muntilan Edi Yusuf,Spd menerangkan kegiatan merupakan salah satu upaya sekolahan untuk berupaya Gudah, Guduk dan Lestarikan seni budaya jawa yang wajib diikuti oleh semua klas XII.

“Melalui kegiatan ini pula kita sampaikan bahwa  Tradisi Seni di Sekolah adalah  bebas dari mistis. Ini murni dan harus diikuti anak-anak klas XII agar bisa melestarikan budaya yang ada,” tegasnya.

Dia menyebutkan kegiatan ini ada enam kelompok kesenian yang terdiri dari anak-anak klas XII. Diantaranya topeng ireng, kuda lumping, kubro siswo, janthilan, tari jemparingan dan tari grasakan. Ditambah satu kesenian inti dari Sekolah dengan waktu 15 menit untuk satu kelompok.

"Untuk penilai kita dibantu dari Dins Pendidikan dan guru kesenian. Meskipun penampilan per kelompok/klas, namun penilaian tetap dilakukan secara personal," jelas Edi Yusuf

Sementara Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang Ahmad Husaen memberikan apresiasi kepada SMA Muhammadyah I Munttilan. Karena melalui parade akan menambah semarak Kabupaten Magelang dan sesuai dengan  visi Disdikbud Kabupaten Magelang yakni Tanggul Budaya (Taqwa Unggul dan Berbudaya).

“Mereka sengaja kita tampilkan di muka umum dengan tujuan untuk penguatan karakter dan mental bagi anak-anak baik bersekolah maupun lingkungan masyarakat,” tandasnya.(Kb.M1)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply