» » Puluhan Pengurus Parpol Ikuti Forum Diskusi Politik

KOTA, kabarmagelang.com__Sebanyak 36 orang pengurus partai politik (parpol) di Kota Magelang mengikuti forum diskusi politik yang diselenggarakan Badan Kesbangpol dan Linmas, Selasa (21/11/2017). Mereka diberikan pedoman dan arahan tentang tata cara penganggaran serta tertib administrasi dalam hal laporan pertanggungjawaban keuangan.

"Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas para pengurus parpol dalam pelaksanaan kegiatan politik. Selain itu, juga untuk meningkatkan pemahaman parpol khususnya dalam bidang keuangan," jelas Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas Kota Magelang, Eri Widyo Saptoko, saat membuka forum diskusi politik, di Hotel Safira Magelang, Selasa (21/11).

Eri menambahkan, pihaknya menghadirkan sejumlah narasumber yang menguasai materi tentang laporan pertanggungjawaban keuangan. Diantaranya dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Inspektorat Kota Magelang, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Magelang.

"Forum ini nantinya bisa dijadikan pedoman atau patokan para pengurus parpol untuk membuat laporan pertanggungjawaban atas bantuan keuangan yang diberikan oleh pemerintah," terang Eri.

Sementara itu, Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustina yang hadir dalam pembukaan forum ini mengatakan, kegiatan yang melibatkan para pengurus parpol tersebut adalah salah satu bagian dari implementasi pelaksanaan pembangunan non fisik.

"Yaitu melalui pendidikan politik dengan sasaran para pengurus parpol. Karena parpol adalah mitra kerja pemerintah baik pusat maupun daerah, dalam melaksanakan pembangunan. Parpol juga merupakan pilar demokrasi," urai Windarti.

Menurutnya, pemerintah memiliki tugas untuk menata dan menyempurnakan parpol guna memaksimalkan fungsi dari parpol itu sendiri. Sehingga nantinya akan dihasilkan kader-kader calon pemimpin masa depan yang memiliki kemampuan politik.

"Sesuai dengan amanat Undang Undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang partai politik, disebutkan bahwa parpol dituntut untuk memberikan pendidikan politik bagi masyarakat dengan memperhatikan keadilan dan kesetaraan gender," katanya.

Windarti mengatakan, melalui forum diskusi yang dilaksanakan, diharapkan bisa membentuk persepsi yang sama antara pemerintah dan parpol penerima bantuan keuangan. Khususnya dalam hal penyusunan laporan pertanggungjawaban bantuan keuangan.

"Persepsi ini perlu diselaraskan agar nantinya dapat disusun laporan pertanggungjawaban yang transparan dan akuntabel, sesuai dengan peraturan yangg berlaku. Sehingga ketika diaudit, akan tersajikan data yang riil dan sesuai peruntukan," tandas Windarti. (Kb.M1)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply