» » Panwaslu Magelang Ajak Pelajar Dan Mahasiswa Awasi Pemilu

BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__Panitia Pengawas Pemilihan Kabupaten (Panwaskab) selenggarakan Fokus Groub Diskusi Pengawasan parsitipatif Pemilihan Umum Kepada Daerah (Pilkada) bersama puluhan pelajar, mahasiswa, di Manohara Hotel Komplek Taman Wisata Candi Borobudur, Senin (13/11). FGD dengan tema Pengawasan Pemilu Partisipatif dan Deklarasi Pemilu Damai ini diharapkan mereka yang tergolong sebagai pemilih pemula, ikut berpartisipasi mengawasi dalam Pilkada 2018 mendatang.

Ketua Panwaskab Magelang M.Habib Saleh menjelaskan bahwa pemilih muda ini kita ajak berpartisipasi dalam pengawasan pemilu ala model mereka.

”Dalam setiapan tahapan Pilkada ini mereka bisa melaporkan memalui postingan kejadian jika ada dugaan pelanggaran pemilu, seperti kampanye hitam atau money politik dengan meggunakan yakni samrtphone,” katanya di sela-sela kegitanya.

Selain itu mereka juga bisa memanfaatkan social media untuk membantu sosialisasi soal pengawasan pemilu dan aturan-aturaannya.

”Namun demikan jika menemukan indikasi pelanggaran, kita arahkan juga untuk melaporkan ke petugas pengawas terdekat seperti panwascam, atau Pengawas Pemilu Lapanagan (PPL),” jelas Habib.

Sementara mantan Ketua Bawaslu RI Bambang Cahya Eka Widodo,  menilai  bahwa pemilih pemula sangat strategis sebagai sasaran oleh para peserta pemilu terutama money politik, disisi lain karena pemilih pemula belum punya pengalaman maupun ilmu soal politik.

“Maka dengan adanya kegiatan semacam ini merupakan langkah yang sangat bagus dan perlu di adakan agar mereka paham betul apa itu pemilu, apa itu pelanggaran pemilu, serta apa sangsi hukumnya jika terjadi pelanggaran pemilu,” jelasnya.

Dengan melibatkan pemilih pemula untuk ikut mengawasi pemilu, dengan sendirinya akan tumbuh kesadaran sehingga tidak mudah untuk dipengaruhi dan tidak akan terombang-ambing saat menghadapi pemilu.

“Saya lihat mereka sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Maka tugas kita tinggal mengakomodir mereka dengan benar. Kita ajak mereka untuk berpartisipatif dalam pengawasan pemilu menurut model mereka,” tambah Bambang.

Salah satu peserta Ella, mengaku sangat senang mengikuti FGD ini, karena bisa mengetahui seluk beluk tentang pemilu.

“Siapa lagi kalau tidak kita yang ikut mengawasi pemilu, agar pemilu bisa berjalan dengan jujur dan adil,” ujarnya.

FGD ditutup dengan penanda tanganan pesan pemilu yang dilakukan semua peserta serta deklarasi pemilu damai di panggung Aksobya Candi borobudur.(Kb.M1)





About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply