» » Penemuan Ratusan Uang Kuno Dalam Kendi Hebohkan Warga Tempuran

TEMPURAN, KABARMAGELANG.COM__Warga Dusun Bowongan, Desa Ringinanom, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang dihebohkan adanya penemuan uang kuno. Ratusan keping uang kuno yang diduga peninggalan Belanda, tersebut ditemukan di dalam wadah kendi oleh Udin warga setempat,  saat menggali tanah untuk membuat batu bata.

Khoirunnisa mengungkapkan uang yang ditemukan bergambarkan lambang VOC dengan tulisan tahun 1759 dengan warna putih kehijau-hijauan di kedua mata sisi koin.

"Ada lambang VOC, dan tahunnya 1759, dan berada didalam kendi Uang itu pertama kali ditemukan oleh Udin  warga Ringinanom saat menggali tanah untuk pembuatan batu bata, beberapa waktu lalu," kata Khoirunnisa, Rabu (13/12).

Dia mengatakan, bahwa disekitar lokiasi sudah seringkali ditemukan uang kuno, yang diduga mata uang yang disimpan oleh orang Belanda, yang dahulu tinggal di daerah tersebut.

"Kebiasaan orang zaman dahulu, menyimpan mata uang di dalam kendi dan dikubur di dalam tanah. untuk alasan keamanan," ujar Khorunnisa.

Hal tersebut juga ditegaskan oleh salah seorang sesepuh desa, Ngatiyah (84), yang menyebutkan bahwa jaman penjajahan Belanda di sekitar wilayah Tempuran hingga Borobudur banyak tangsi militer dan permukiman warga Belanda.

"Di wilayah sini sampai Borobudur sana masih dalam kependudukan Belanda, mungkin koin-koin itu disimpan, dengan cara dikubur,” tandasnya.(Kb.M1)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply