» » Flyover Di Simpang Cangok Akan Segera Dibangun

KOTA, Magelang.com__Pembangunan flyover dan underpass di simpang Canguk, Kelurahan Wates, Kecamatan Magelang Tengah mendesak untuk segera dilaksanakan. Selain karena menjadi langganan kemacetan, jalan tersebut juga menjadi jalan utama penghubung Magelang-Salatiga.

"Jalan itu juga beberapa kali dilewati Presiden Joko Widodo ketika akan menuju pondok pesantren Tegalrejo. Tahun ini, Pak Presiden rencananya mau kesana lagi, kementerian pekerjaan umum dan pemukiman rakyat (PUPR) bisa siap-siap," ujar Anggota Komisi V DPR RI, Sujadi, di sela tinjauan ke simpang Canguk bersama rombongan Kementerian PUPR, Kamis (11/1).

Dikatakannya, pembangunan flyover ini membutuhkan perhatian dua pemerintah daerah, yakni Kota dan Kabupaten Magelang. Dia pun meminta agar pemimpin dua daerah bisa duduk bersama melakukan kajian pembangunan ini.

“Pembangunan jembatan layang itu bisa segera dilaksanakan, menurut saya kuncinya adalah kerukunan antara Pemkot dan Pemkab Magelang. Maka, saya harap Wali Kota, Bupati, dan Gubernur Jateng segera koordinasi untuk dapat memuluskan rencana flyover itu,” kata Sujadi.

Ketua Komisi V, Fary Djemy Francis menambahkan, pembangunan ini mendesak dilakukan berdasarkan paparan dari Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Magelang, Suparno.

“Dari paparan Bappeda, saya lihat pembangunan flyover membutuhkan dana besar. Alasan perlu dibangunnya ini pun, bisa kami terima. Hasil tinjauan ini akan jadi bahan rapat komisi nantinya,” kata Fary.

Sementara, Kepala Bappeda Kota Magelang, Joko Suparno mengemukakan, rencana pembangunan jembatan layang Canguk sebenarnya sudah cukup lama diusulkan Pemkot Magelang ke Kementerian PUPR. 

“Sudah lama kami kirim proposal ke pemerintah pusat, tapi hampir tidak ada respon. Kami terus mengajukan sampai akhirnya sekarang sepertinya mendapat lampu hijau,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, simpang Canguk selama ini kerap menjadi lokasi kemacetan lalu lintas, terutama dari arah Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Soekarno Hatta, dan Jalan Raya Tegalrejo. Pihaknya kemudian mengusulkan pembuatan jembatan layang dan underpass dengan perkiraan awal menghabiskan dana Rp 119,9 miliar. 

"Flyover untuk arah Jogja-Semarang, sedangkan underpass untuk arah Tegalrejo-Jogja. Spesifikasinya, flyover tepi Sungai Elo panjang 340 meter dan lebar 9,4 meter," jelas Joko. (Kb.M1)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply