» » YKI Magelang : Terdampak Kanker Didominasi Perempuan

MERTOYUDAN, kabarMagelang.com__Dalam rangka memeringati hari Kanker Sedunia, Artos Mall bersama Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Magelang menggelar acara “Bincang – Bincang Kanker pada, Minggu (4/2). Acara yang digelar di atrium Artos Mall tersebut dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat dan juga pengunjung.

Anggota Yayasan Kanker Indonesia (YKI) seksi penyuluhan dan pendidikan kanker, Siwi Rohmaningsih, menytakan kegiatan ini dalam rangka memperingati hari kanker sedunia.

"Kegiatan ini diikuti oleh para pengurus YKI, dan masyarakat yang terdampak kanker," terangnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai deteksi dini kanker, kepada masyarakat yang dihubungkan dengan program pemerintah, yakni Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

"Diharapkan Germas juga ikut berperan serta dalam melakukan pencegahan kanker, terutama dalam deteksi dini " ungkap Siwi.

Dia mneyebutkan jumlah penderita kanker di Indonesia saat ini semakin banyak. Dan rata - rata kasus kanker masih didominasi oleh wanita.

"Untuk kasus kanker yang banyak menyerang wanita saat ini masih didominasi oleh kanker payudara. Sedangkan kanker yang menyerang pria, masih didominasi oleh kanker prostat " paparnya.

Siwi menghimbau agar masyarakat tidak takut dan ragu - ragu untuk melakukan pemeriksaan secara medis, apabila merasa ada keluhan dalam tubuhnya.

"Sangat disayangkan, masyarakat masih takut untuk memeriksakan kesehatannya, dan lebih memilih pada pengobatan - pengobatan alternatif, yang belum tentu sesuai dari segi medis," jelas Siwi.

Salah satu pejuang kanker Sri Ardiyanti (45), warga Kampung Boton, Kelurahan Potrobangsan, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang, menghimbau agar masyarakat, yang terdampak kanker, untuk mengutamakan pemeriksaan secara medis.

"Ada baiknya masyarakat yang terdampak kanker segera melakukan pemeriksaan secara medis, dari pada melakukan tindakan pengobatan yang lainnya " ujarnya.

Menurutnya, pengobatan secara medis bagi masyarakat yang terdampak kanker akan lebih akurat dan lebih tepat dalam proses penanggulangannya.

"Banyak masyarakat yang takut penanggulangan secara medis, terutama pada pengecekan kesehatan awal. Padahal hal itu sangatlah penting bagi orang yang terkena kanker,” jelas Adiyanti.(Kb.M1)



About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply