» » 11 Ibu Menyusui Di Magelang Keracuan Jamu Uyup


MUNTILAN, kabarMagelang.com__Sebelas orang ibu menyusui di kecamatan Mungkid, dan Mertoyudan Magelang keracunan jamu uyup. Hingga saat ini mereka terpaksa menjalani perawatan di rumah Sakit Umum Daerah Muntilan karena kondisinya masih lemah.

“Kemarin mulai jam 15.00 wib secara  berturut – turut hingga jam 17.00 wib kami menerima 10 orang pasien ibu menyusui dari Kecamatan Desa Senden, Kecamatan Mungkid dan Kecamatan Mertoyudan. Dan analisa dari teman-teman dokter di sini mereka habis minum jamu uyup-uyub,” kata Direktur RSUD Muntilan dr. M Syukri, Selasa (27/3).

Dia menjelaskan bahwa semua pasien berkeluhan sama yaitu, mual, pusing, dan muntah, dan ditangani di UGD. Untuk mengantisipasi hal-hal lebih lanjut, semua pasien harus menjalani rawat inap, guna observasi lanjutan serta mendapatkan perawatan.

“Kemudian sekitar pukul 23.00 wib kita menerima lagi satu pasien dengan keluhan yang sama yaitu habis minum jamu uyup-uyup, namun dari Desa Nepak, Kecamatan Mertoyudan, sehingga total ada 11 pasien,” terangnya.

Syukri menyatakan dari gejala dan tanda-tanda yang di keluhkan pasien bisa dipastikan sebelas orang ibu menyusui tersebut menderita keracunan.

“Namun demikian kita tidak bisa menyampaikan secara detail. Nanti Dinkes yang akan menyapaikan hasilnya  tentunya setelah dilakukan uji lab,” ujar Syukri.

Syukri menambahkan bahwa sebenarnya ibu menyusui tidak harus minum jamu. Ibu menyusui hanya membutuhkan makanan sehat yang dibutuhkan baik dirinya sendiri maupun bayi yang disusui.

“Sebenarnya makanan yang bergizi saja sudah cukup seperti, nasi, telur, sayur, protein, dan susu. Tidak perlu jamu ya,” tambahnya.

Salah satu pasien Lusia Arfiyani (23) mengatakan dia merasa pusing, mual, dan muntah-muntah setelah tiga jam minum jamu uyup-uyup.

“Biasanya tidak apa-apa, karena dua hari sekali saya minum jamu uyup-uyup. Kan sudah langganan dari penjual jamu keliling itu,” akunya.

Sebelas ibu menyusui tersebut dari Desa Senden Kecamatan Mungkid diantaranya, Santi Rahmawati(27), Lusia Arfiayani (23), Haryanti (25), Ida Riwayati (33), Indah Saputri (22), Napsiah (28), Saidah (28), Anik Trianingsih (35) dan Sarwati (25), Diyas Tri Yuliani (27). Sedangkan dari Desa Nepak Kecamatan Mertoyudan Yakni Maesaroh. (Kb.M1)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply