Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Walikota Magelang Targetkan Perolehan Terbaik Untuk Penilaian Adipura

KOTA, kabarMagelang.com__Walikota Magelang, Sigit Widyonindito, menargetkan perolehan terbaik untuk penghargaan Adipura yang saat ini masih dalam tahap penilaian. Meski demikian, Sigit tidak menyebutkan target perolehan piala yang akan diraih, Adipura atau Adipura Kencana.

"Ya target perolehan Adipura tahun ini terbaik," ujarnya, usai kegiatan Sarasehan Adipura di Kelurahan Kramat Utara, Kamis (15/3) sore.

Sigit mengatakan, Pemerintah Kota Magelang selama ini telah berhasil meraih berbagai prestasi. Akan tetapi, prestasi-prestasi tersebut dirasa masih kurang jika Piala Adipura tidak berhasil diperoleh.
"Berbagai prestasi sudah dapat kita raih, tapi kalau Piala Adipura nggak dapat rasanya gimana gitu," katanya.

Tujuan dilaksanakannya sarasehan Adipura yang baru berlangsung perdana hari ini, lanjutnya, adalah untuk mengetahui kebutuhan masyarakat terkait persiapan penilaian II (P2) Adipura. 

"Jadi ada dialog, timbal balik, apakah program kita (Pemkot Magelang) sudah mengena dengan kebutuhan masyarakat atau belum. Tidak hanya top up, namun juga bottom up, ada masukan dari bawah," terangnya.

Menurut Sigit, Pemkot Magelang sudah memiliki pandangan beberapa hal yang menjadi catatan dalam penilaian I (P1) Adipura tahun 2017 lalu. Meskipun secara nilai, rata-rata sudah bagus.

"Ada catatan yang perlu dibenahi, meskipun nilai diatas rata-rata tapi kita tidak boleh lengah. Jangan sampai nilai yang sudah diperoleh pada P1 ini menurun," imbaunya.

Sigit mengajak masyarakat untuk selalu memiliki kebiasaan (atittude) yang baik, terutama dalam hal kebersihan. 

"Dinilai atau tidak, kita harus konsen menjadikan Magelang bersih, hijau, asri," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Magelang, Machbub Yani Arfian mengatakan, terdapat beberapa poin yang mesti dibenani dalam P2. Diantaranya terkait beberapa area yang masih berada di bawah passing grade. 

"Kompleks yang harus segera mendapat pembenahan antara lain terminal, pemukiman, dan pertokoan. Sebelumnya kami telah melakukan sosialisasi dengan cara terjun langsung ke lapangan dengan melibatkan unsur kecamatan dan kelurahan sehingga bisa langsung ditangani,” jelasnya.

Terlebih dari upaya pembenahan itu, rasa keyakinan Pemkot Magelang untuk kembali menambah koleksi Piala Adipura, yang merupakan penghargaan tertinggi bidang kebersihan tersebut cukup tinggi diwujudkan dengan animo tinggi warga menggelar kerja bakti.

”Seperti yang dilakukan dalam Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS) kemarin. Banyak warga yang secara sukarela ikut terlibat. Tidak hanya secara massa berada di tempat umum, tapi warga juga menggelar kerja bakti di perkampungan masing-masing,” ucapnya.

Machub menambahkan, khusus penilaian Adipura tahun ini, prosesnya memang ada beberapa perbedaan. Terlebih untuk penentuan raihan penghargaan tertinggi tingkat nasional yakni Adipura Kencana.

”Ada beberapa parameter supaya meraih Adipura biasa, antara lain passing grade-nya tidak boleh di bawah 7,5 secara akumulatif. Sedangkan untuk Adipura Kencana, memang dirasa cukup sulit karena minimal harus berada di urutan ke-5 se-Indonesia,” paparnya.

Sedangkan pada P1 lalu, Kota Magelang berada di urutan 11 tingkat nasional meski tingkat Jawa Tengah menduduki posisi kedua. 

”Harapan (meraih Adipura Kencana) tetap ada. Kami masih optimis, apalagi jika dibantu warga dengan membudayakan hidup bersih,” pungkasnya.(Kb.M1)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply