Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Jelang Hari Raya Nyepi 2018 PHDI Magelang Gelar Pawai Ogoh-Ogoh

MERTOYUDAN, kabarMagelang.com__Menjelang Hari Raya Nyepi 2018, Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Magelang menggelar Pawai Ogoh-Ogoh, Jum’at (16/3) sore. Pawai sepanjang 1 kilometer disepanjang Jalan Sarwo Edhi Wibowo Kecamatan Mertoyudan ini juga bertujuan untuk memeriahkan Tahun Baru Saka 1940. Dimuali dari halaman Artos Mall, patung Ogoh-Ogoh diarak menuju Pura Wira Buana kompleks Akademi Militer Magelang, yang sebelumnya diawali dengan ritual sembahyang agama Hindu dan tari-tarian sakral.
 
Perwakilan PHDI Kabupaten Magelang I Gede Suarti menerangkan, Ogoh-Ogoh diistilahkan sebagai perlambangan sifat-sifat negatif yang harus dilebur agar tidak mengganggu kehidupan manusia. Selain diusung menyusuri jalan utama, makna ogoh-ogoh mengitari Catus Pata adalah sebagai simbol siklus sakral perputaran waktu menuju pergantian Tahun Saka yang baru.

”Prosesi Ogoh-Ogoh mengandung dua makna yakni mengekspresikan nilai-nilai religius dan ruang waktu sakral berdasar sastra agama Hindu,” terangnya.

Selain bertujuan melestarikan adat, seni dan budaya Bali, juga mendorong kreatifitas muda yang terhimpun dalam wadah Muda Mudi Hindu Magelang. Imbuh Suarti selain memperkaya budaya yang ada di Magelang, Pawai Ogoh-Ogoh diyakini mampu memberi manfaat bagi Pemerintah Kota dan Kabupaten Magelang.

”Artinya mampu meningkatkan kerukunan antar suku, budaya umat beragama serta toleransi, persatuan dan kesatuan masyarakat Magelang yang beragam,” ujar I Gede Surati. 

General Manager Artos Mall, Otniel Hanung mengatakan, Parade Ogoh-Ogoh ini kali kedua digelar di Artos Mall. Hanung mengapresiasi, tradisi seni budaya ini,  selain menjadi hiburan yang berbeda juga wujud kerukunan umat beragama di Magelang.

”Dengan adanya pawai ini semoga mampu meningkatkan jumlah pengunjung dan meningkatkan penjualan tenant di Artos Mall,” tandasnya.(Kb.M1)



About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply