» » Apel Besar Tiga Pilar Garda Terdepan Netralitas Adalah Komitmen Dan Kehormatan


 

MUNGKID, kabarMagelang.com__Ratusan Kepala Desa dan Bhabinkamtibmas serta Babinsa se Kabupaten Magelang ikuti apel Tiga Pilar Garda Depan di Lapangan Drh.Soepardi, Kota Mungkid, Rabu (18/4). Apel Tiga Pilar yang dihadiri segenap Forkompida Magelang ini diselenggarakan oleh Polres Magelang, polda Jateng dan dipimpin langsung oleh Kapolres magelang AKBP Hari purnomo.

Dalam sambutanya Kapolres mengatakan tujuan apel tiga pilar garda depan untuk mensinergikan tugas dari Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa/Lurah sebagai ujung tombak dan garda terdepan dalam mewujudkan situasi serta kondisi lingkungan yang aman dan nyaman.



“Kegiatan ini juga dalam rangka mendorong terpeliharanya Kamtibmas terutama di desa/kelurahan. Kita harapkan ke 3 tiga pilar yaitu Kepala desa / Lurah, Bhabinkamtibmas dan Babinsa, selalu bersinergi terutama dalam deteksi dini gangguan-gangguan kamtibmas, ketertiban, penegkan hukum, serta perlindungan dan pengayoman masyarakat,” papar Kapolres.



Kapolres menyebutkan  bahwa  tugas pokok dan fungsi kepala desa/ lurah harus memegang teguh pengamalan Pancasila, UUD 1945 serta dapat memelihara keutuhan NKRI, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.



“Sementara Babinsa sebagai unsur pelaksana koramil bertugas melaksanakan bimbingan dan tugas teritorial, memberikan penyuluhan bela negara, serta membangun masyarakat di bidang ketahanan dan keamanan negara,” jelasnya.



Oleh Karena itu untuk mengoptimalkan peran tiga pilar maka seluruh pihak yang terkait agar melakukan beberapa langkah nyata, salah satunya dengan aktif sistem keamanan lingkungan (siskamling).



“Budayakan kembali kegiatan kegiatan yang dapat mencegah terjadinya tindakan kriminal seperti siskamling, ketentuan wajib lapor bagi pendatang. Dan yang terpenting adalah selalu siap siaga dalam segala hal sehingga secara cepat dan tepat dapat menanggulangi potensi permasalahan yang ada,” terang Hari Purnomo.



Menyinggung Pilkada 2018, Kapolres menegaskan Polri, TNI dan ASN atau Kepala Desa wajib netral, karena tidak netralan akan menciptakan suasan tidak aman dan bisa memicu kerusuhan.



“Netralitas bagi kami adalah komitmen dan kehormatan. Manakala tidak netral, itu merupakan pemicu tidak aman  dan kerusuhan pada pelaksanaan Pilkada 2018,” pungkasnya.(Kb.M1)






About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply