» » Puluhan Karyawan Pemkot Magelang Ikuti Lomba Pasangan Kartini Dan Kartono



KOTA, kabarMagelang.com__Meski hanya berjalan di atas karpet merah, pasangan Kartini dan Kartono dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Magelang tetap merasa grogi tampil di depan juri dan penonton. Banyak hal lucu terjadi di arena peragaan busana dalam rangka peringantan Hari Kartini ke-139, di Aula Adipura Kencana, Senin (23/4).

Mulai dari peserta yang malu menggandeng pasangannya, hingga berjalan lebih dulu. Kemudian berjalan menunduk dan pelit senyum. Tapi yang lebih aneh, ada peserta  yang terlihat seperti kakek dan cucunya. Adapun yang tampil percaya diri dengan busana yang tidak senada.

Dari 33 peserta yang mengikuti, perserta nomor undi 11 dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) berhasil meraih juara satu. Di posisi dua, perserta dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim). Sementara pada urutan ke tiga, dimenangkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kota Magelang. Kemudian tiga juara harapan, masing-masing adalah Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dan Satpol PP.

Seorang peserta, Retno Untari dari Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominsta) Kota Magelang mengaku senang terlibat dalam kegiatan ini. Menurutnya, peragaan busana pada momentum ini cukup menantang. Ia tidak hanya dituntut anggun dalam berjalan, namun lebih dari itu.

“Harus menyelaraskan gerakan langkah dengan iringan musik. Dan cara jalannya kita juga harus mencerminkan seorang perempuan yang anggun, percaya diri, cerdas dan mandiri, seperti sosok RA Kartini,” tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito menyebutkan bahwa peringatan Hari Kartini tahun ini lebih meriah. Beragam kegiatan dihelat di lokasi berbeda. Selain peragaan busana, ada juga lomba merias wajah tanpa kaca, lomba mirip Kartini dan membaca surat Kartini.

“Kegiatan ini juga untuk memberikan wadah bagi para pegawai khususnya perempuan untuk menunjukkan bakat dan potensi dalam diri mereka yang mungkin selama ini terpendam,” ujar Sigit.

Wali Kota Sigit juga berpesan kepada para pegawainya agar getol meneladani sifat-sifat dari sosok Kartini untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Baik di lingkungan masyarakat, maupun di lingkungan kerja.  
“Raden Ajeng Kartini itu pribadi yang sederhana, berani dan optimis, mandiri, cerdas dan berwawasan luas, juga inspiratif,” tuturnya.

Sigit juga mengajak kaum hawa yang berada di lingkungan Pemkot Magelang bisa memberikan kontribusi nyata terhadap daerahnya. Melalui pemikiran-pemikiran segar, dan kegiatan-kegiatan bermakna.

“Perempuan zaman now tidak boleh gagap teknologi, harus cerdas dan bisa bersaing juga berkontribusi besar terhadap kemajuan daerahnya. Apalagi jumlah pegawai perempuan di lingkungan Pemkot Magelang ini ada 1.714 orang, sedangkan laki-lakinya hanya berjumlah 1.300 orang,” tandasnya.(Kb.M1)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply