» » Melalui Baznas Kota Magelang Rutin Bayar Zakat

KOTA, kabarMagelang.com__Kota Magelang menjadi salah satu dari 3 kota di Indonesia yang sudah melakukan pembayaran zakat secara rutin melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setiap bulan. Baznas sendiri selama dua tahun terakhir mampu menjadi wahana alternatif dalam mengembangkan amil zakat yang amanah, transparan, profesional, dan terintegrasi.

"Pembayaran zakat rutin ini sejalan dengan cita-cita luhur Pemerintah Kota Magelang yang tertuang dalam visi Kota Magelang sebagai kota jasa modern dan cerdas, dilandasi masyarakat sejahtera dan religus," ujar Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustina, di sela apel pagi dikaitkan dengan kegiatan layanan pembayaran zakat serentak melalui Baznas Kota Magelang, di halaman belakang Pemkot Magelang, Kamis (24/5).

Windarti menyebutkan, setiap bulan, gaji para Aparatur Sipil Negara (ASN) dipotong zakat sebesar 2,5 persen atau infaq yang nilainya diserahkan kepada pribadi masing-masing.

"Berdasarkan data dari Baznas Kota Magelang, pemasukan zakat dan infaq selama tahun 2017 mencapai Rp1.397.336.692. Kemudian capaian bulan Januari hingga 22 Mei 2018 sebesar Rp657.347.658. Total pemasukan Rp2.054.684.350," sebut Windarti.

Menurutnya, keseluruhan pengumpulan zakat dan infaq akan dikelola dan didistribusikan (ditasyarufkan) sesuai dengan ketentuan syariah demi kemaslahatan umat.

"Saya mengajak seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Magelang, dan BUMD yang selama ini belum menunaikan zakat 2,5 persen dan infaq agar bersama-sama menunaikan. Sehingga pendapatan yang kita terima lebih barokah," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Magelang, Mansyur Siraj mengatakan, pendistribusian dana zakat infaq sodakoh (ZIS) tahun 2017 adalah sebesar Rp818.551.311 dengan calon penerima manfaat sebanyak 675 orang.

"Adapun rencana pendistribusian dana Zis tahun 2018 adalah sebesar Rp1.683.900.775 dengan target penerima sebanyak 1.750 orang. Sejak bulan Januari hingga 22 Mei 2018 telah terdistribusi sebesar Rp600.682.750 dan jumlah penerima 1.032 orang," terang Mansyur.

Distribusi dana Zis tersebut, kata Mansyur, dilaksanakan melalui program Baznas. Diantaranya Program ekonomi (sekolah wirausaha, bantuan modal tunai, bantuan modal bergulir dengan pendampingan), program pendidikan (bantuan beasiswa prestasi tingkat SMP dan SMA, bantuan biaya sekolah lancar bagi siswa SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi, dan bantuan biaya pendidikan anak yatim)

“Selain itu, ada juga program dakwah advokasi berupa bantuan masjid, bantuan alim ulama, bantuan lembaga/organisasi Islam, bantuan panti asuhan, bantuan pelayanan pengajian masyarakat dan hadiah mualaf. Serta program kemanusiaan berupa bantuan biaya hidup fakir miskin, bantuan bedah rumah, bantuan bencana alam, bantuan musafir, bantuan kemanusiaan regional/nasional dan internasional,” pungkasnya. (Kb.M1)



About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply