» » Stupa Candi Borobudur Dibersihkan Dari Abu Merapi

BOROBUDUR, kabarMagelang.com__Petugas Balai Konservasi Borobudur (BKB) Magelang, membersihkan abu di stupa Candi Borobudur akibat letusan freatik,  Kamis (24/5). Meski demikian pengunjung yang datang ke Candi Borobudur masih tetap dibuka seperti biasa.

Kepala Seksi Pelayanan Konservasi BKB Iskandar, menyebutkan abu dari letusan freatif Gunung Merapi yang sampai ke Candi Borobudur tidak terlalu banyak. 

“Hanya tipis dan bisa dibersihakan dengan cara manual menggunakan sapu lidi biasa dan vacum,” katanya.

Dia menerangkan sejak terjadi letusan freatik Merapi, pihaknya mengumpulkan sampel abu dari gunung Merapi yang turun di Candi Borobudur untuk diteliti dan dianalisa dampaknya terhadap batu Candi.

"Kita teliti, dan kita kumpulkan, selanjutnya dianalisis untuk mengetahui kandungan abu, Ph-nya berapa, dan seberapa besar dampaknya ke batuan candi," Jelas Iskandar.

Sementara Kepala Unit Taman Wisata Candi Borobudur (TWC) I Gusti Putu Ngurah Sedana, mengatakan belum ada dampak bagi wisatawan yang berkunjung ke Candi Borobdur.

“Belum ada dampaknya,  rata-rata 300 hingga 400 wisman setiap hari yang datang sejak Gunung Merapi keluarkan letusan Freaktif kemarin,” katanya.

Dia menghimbau kepada wisatawan baik wisnus maupun manca untuk tetap tenang dan berkunjung ke Candi Borobdur.

“Masih aman meskipun ada kegiatan pembersihan Candi. Bagi pengunjung tetap kita sediakan masker,” pungkas Putu.(Kb.M2)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply