» » Puncak Perayaan Waisak Umat Budha Terbangkan Ribuan Lampion

BOROBUDUR, kabarMagelang.com__Menutup rangkaian perayaan Tri Suci Waisak 2562 BE/2018, umat Budha menerbangkan ribuan lampion di jalan masuk Candi komlpek taman wisata Candi Borobudur Selasa (29/5) malam.

“Lampion diterbangkan menandakan pelita yang dilepas ke langit agar semua makhluk di Bumi mendapatkan penerangan,” kata Koordinator Dewan Kehormatan Walubi Biksu Tadisa Paramita Mahasthavira di sela kegiatanya.

Ia menjelaskan pada detik-detik Waisak tahun ini tepat pada pukul 21.19.13 wib. Pada detik-detik waisak sang Buddha duduk bermeditasi mengalahkan nafsunya menjauhkan godaan. Buddhapun berhasil mencapai penyinaran sempurna sehingga tubuhnya mengeluarkan cahaya enam warna, yaitu biru, merah, kuning, putih, oranye, serta gabungan dari lima warna yang ada.

“Maka barang siapa yang bisa duduk bermeditasi dan memfokuskan pikiran pada detik-detik Waisak, dia akan menerima cahaya penerangan dari Sang Buddha,” terang Tadisa.

Dia berharap perayaan Tri Suci Waisak ini mampu menyadarkan umat Buddha bahwa Indonesia merupakan bangsa yang majemuk. Semua harus saling menghormati, tidak boleh muncul ego pribadi maupun organisasi, dan semua harus bersatu.


“Indah itu jika saling berbagi, saling menghormati, saling bersinergi satu sama lainnya, agar bangsa ini tidak terkoyak karena adanya perbedaan agama, ras, dan suku," Ujarnya.(Kb.M2)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply