» » Walikota Magelang Resmikan Jalan Sodetan Jenderal Sarwo Edi Wibowo-Jenderal Sudirman

KOTA, kabarMagelang.com__Walikota Magelang, Sigit Widyonindito membuka secara resmi sodetan di Jalan Jenderal Sarwo Edi Wibowo-Jenderal Sudirman, Kamis (17/5/2018). Jalan yang dibiayai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017 dan 2018 senilai Rp3,5 miliar itu diharapkan dapat mengurai kemacetan yang kerap terjadi di pertigaan depan Armada Town Square.

"Seperti yang sudah saya janjikan, pagi ini kita buka jalan pintas Sarwo Edi Wibowo-Sudirman. Pembukaan ini dalam rangka mendukung pemerintah untuk mengurai kemacetan di Kota Magelang," jelas Sigit, di sela peresmian pembukaan jalan pintas, Kamis (17/5).

Sigit menambahkan, dengan telah dibukanya jalan sodetan tersebut, arus lalu lintas selama menjelang dan ketika libur Hari Raya Idul Fitri diharapkan bisa lancar.

"Saya juga sudah minta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk melengkapi infrastruktur dan rambu. Contohnya untuk penerangan, kalau malam sini kan agak gelap, saya minta nanti diatur bagaimana penerangan yang baik. Taman juga dibuat rapi," imbuhnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Magelang, Yonas Nusantrawan Bolla menambahkan, pengerjaan jalan sodetan tersebut saat ini sudah selesai, hanya tinggal finishing saja.

"Pertimbangan kita membuka jalan ini sekarang adalah karena menghadapi libur Lebaran sehingga akan banyak kendaraan yang lewat. Kemudian juga karena konstruksi jalan berupa aspal hotmix, maka semakin sering dilalui akan semakin halus dan bagus," terang Yonas.

Sejauh ini, DPU telah melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Satuan Lalu Lintas Polres Magelang Kota terkait operasional jalan.

"Untuk sementara, jalan satu arah ini hanya diperuntukkan bagi kendaraan umum dan pribadi, kecuali truk dan bus. Jalan ini khusus bagi kendaraan yang melaju menuju arah Kota Magelang," urainya.

Beberapa fasilitas masih akan ditambah di ruas jalan tersebut. Diantaranya rambu-rambu lalu lintas, lampu penerangan jalan, taman penghijauan.

"Besok masih akan kita tambah marka juga, tapi menunggu jalan halus dulu. Setelah jalan halus, baru kemudian dimarka," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Magelang, Suryantoro mengatakan, keberadaan jalan sepanjang sekitar 250 meter dan lebar sekitar 12 meter ini cukup membantu mengurangi beban kemacetan kendaraan.

"Sejauh ini kita sudah koordinasi dengan Polres Magelang Kota untuk operasional jalan sodetan Sarwo Edi Wibowo-Sudirman ini. Kendaraan yang bisa lewat masih seputar kendaraan umum dan pribadi, bis dan truk belum bisa," jelasnya. (Kb.M1)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply