» » Seluruh TPS Di Kota Magelang Siap Untuk Pelaksanakan Pilgub Jateng

KOTA, kabarMagelang.com__Jelang pelaksanaan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah di Kota Magelang, Tempat Pemungutan Suara (TPS) dipastikan telah siap. Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang, Sugiharto, di sela pemantauan TPS Pilgub Jateng bersama tim desk pilkada, Selasa (26/6).

"Secara keseluruhan, TPS yang ada di Kota Magelang sudah siap. Dari beberapa TPS yang kami tinjau hari ini, semuanya siap digunakan, tempat siap, panitia siap," ujar Sugiharto, di sela pemantauan.

Pemerintah Kota Magelang memberikan dukungan demi kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan Pilgub. Diantaranya pemberian bantuan kantor untuk Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU), sarana prasarana, personel, dan lainnya. 

"Pemkot Magelang mendukung dan memberikan bantuan, tapi tentunya sesuai dengan aturan yang berlaku. Kalau bantuan dana tidak, Pilgub sudah dianggarkan melalui APBD Provinsi," terangnya.

Dalam pemantauan hari ini, tim desk Pilkada yang turut dalam pengecekan TPS antara lain Sekda Kota Magelang, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Magelang, Polres Magelang Kota, dan perwakilan desk pilkada provinsi.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Magelang, Endang Sri Rahayu membenarkan hal tersebut. Menurutnya, seluruh TPS di Kota Magelang siap untuk dipergunakan.

"Saya senang karena masyarakat begitu antusias mempersiapkan Pilkada, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur ini," kata Endang.

Dia menyebutkan, pada pelaksanaan Pilgub tahun ini, terdapat tiga titik yang diindikasi rawan terjadi pelanggaran. Yakni 2 titik di Kecamatan Magelang Selatan dan 1 titik di Kecamatan Magelang Tengah.

"Rawannya bukan hanya rawan politik uang saja ya, ada yang KPPS tidak netral ada orang suka bagi-bagi uang, lokasi TPS di markas parpol atau tim sukses. Pengawasannya nanti akan dilakukan dengan pemantauan yang lebih intensif," terang Endang.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Magelang, Basmar Periyanto menyebutkan, jumlah TPS yang ada di Kota Magelang untuk pelaksanaan Pilgub adalah sebanyak 220. Dari jumlah tersebut satu diantaranya adalah TPS khusus.

"TPS khusus kita siapkan di dalam Lapas (Lembaga Permasyarakatan) kelas II B Magelang. TPS tersebut disediakan untuk para penghuni lapas," terang Basmar.(Kb.M1)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply