Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Kota Magelang Akan Berangkatkan 189 Jamaah Calon Haji

KOTA, kabarMagelang.com__Jamaah calon haji yang akan diberangkatkan dari Kota Magelang tahun ini mencapai jumlah 189 orang. Terdiri dari calon jamaah haji yang melunasi biaya 162 orang, Tim Kesehatan Haji Daerah (TKHD) 1 orang, mutasi keluar dalam provinsi 6 orang, mutasi masuk dalam provinsi 32 orang.

Dari jumlah tersebut, 75 diantaranya adalah jamaah pria dan 11 jamaah wanita. Adapun jamaah termuda usia 35 tahun yakni atas nama Husnita Kurniasih, warga Kelurahan Potrobangsan. Sedangkan jamaah tertua usia 77 tahun yakni Luwiyah, warga Kelurahan Potrobangsan.

"Jamaah calon haji ini nantinya akan diberangkatkan melalui embarkasi Solo di kloter 19 bergabung dengan jamaah Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Temanggung," jelas Kepala Kementerian Agama Kota Magelang, Anif Solikhin, di sela pamitan jamaah calon haji Kota Magelang 1439 H/2018, di pendopo pengabdian rumah dinas Walikota Magelang, Senin (16/7).

Sesuai jadwal, jamaah calon haji asal Kota Magelang akan berangkat pada tanggal 22 Juli 2018 dan diperkirakan tiba di tanah air 2 September 2018 mendatang.

Anif mengatakan, pendaftaran haji tahun ini masih diberlakukan sistem tabungan haji sepanjang tahun, yakni penyetoran awal Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) dalam bentuk tabungan. 

"Mulai tahun 2010 sampai saat ini, setoran awal BPIH masih sebesar Rp 25 juta. Bedanya, mulai Januari 2018 kemarin, setoran awal sudah tidak lagi disetorkan melalui rekening Menteri Agama, tetapi disetorkan melalui rekening Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH)," terang Anif.

Untuk memenuhi azas keadilan, besaran BPIH ditentukan berdasarkan embarkasi. Kota Magelang sendiri temasuk dalam embarkasi Solo (SOC) yang besaran BPIHnya sebesar Rp 35.933.275 untuk jamaah reguler dan Rp 63.640.120 untuk Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD).
Sementara itu, Walikota Magelang, Sigit Widyonindito berpesan kepara para jamaah untuk menyiapkan segala hal jelang keberangkatan.

"Persiapan kesehatan dan semua hal. Yang penting jangan berlebihan," kata Sigit.

Sigit mengaku senang karena pemberangkatan calon haji tahun ini tidak membebani para jamaah. 

"Tidak ada jamaah calon haji yang dibebani tahun ini. Angkutan tersedia, visa dibantu, koper diatur. Saya ikut berdoa, semoga semua jamaah diberikan kelancaran, keselamatan, mulai berangkat hingga pulang menjadi haji yang mabrur," kata Sigit.(Kb.M2)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply