» » Ribuan Umat Budha Ikuti Perayaan Asadha 2562 BE

BOROBUDUR, kabarMagelang.com__Ribuan umat Budha yang tergabung dalam Keluarga Budhis Theravada Indonesia (KBTI) memperingati perayaan Asadha 2562BE/2018, di Candi Mendut, Kecamatan Mungkid, Magelang, Minggu (22/7). Perayaan Asadha ke IV ini sebelumnya diawali dengan pembacaan Kita Suci Tipitaka dan Puja Bhakti Agung Asadha selama tiga hari (20 – 22/7) sebagai upaya KBTI dalam melestarikan Dharma Ajaran Budha untuk perdamaian dan kebahagiaan dunia yang berlangsung di Taman Lumbini Komplek Taman Wisata Candi Borobudur.

Ketua Paniti Bikhu Guttadhammo Thera mengatakan perayaan Ashada ke IV 2018 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Untuk tahun ini mengambil tema “Berucap, Bertindak dan Berpikir Baik Memperkokoh Persatuan bangsa”.

“Tipitaka kitab suci umat Budha adlah sarana penuntun untuk berucap baik, bertindak baik dan berpikir baik. Hanya kebaikan – kebaikanlah yang dapat memperkokoh persatuan bangsa di tengah keberagaman,” jelasnya di Vihara Mendut (22/7).

Puncak perayaan Ashada juga diawali pembacaan doa parita suci di Candi Mendut yang dilanjutkan dengan kirab sepanjang 3 km menuju Candi Borobudur melewati Candi Pawon.

“Prosesi kirab sendiri mempunyai makna yaitu mengulang kembali ajaran serta sebagai bentuk penghormatan terhadap perjuangan Sang Budha Gautama dalam menyampaikan ajaran-ajaranya kepada umat manusia secara lisan,” terang Guttadhammo.

Perayaan Ashadha 2562 BE  diakhiri malam ini (22/7) dan dihadiri oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin,  dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo,  yang berlangsung di plataran utma Candi Agung Borobudur, dimana seluruh umat budha melantunkan puja dengan paritta dan mendengarkan khotbah Dharma oleh Yang Mulia Bikhu Sri Panyavaro Mahathera sebagi renungan makna hari raya Ashada.(Kb.M2)





About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply